Panasonic Akan Keluarkan Mirrorless Full Frame Lumix S1 dan S1R

LAZONE.ID - Diperkenalkan di ajang Photokina di Jerman.

Persaingan ketat terasa sekali antara para perusahaan kamera kenamaan yaitu Canon, Sony, dan Nikon, untuk urusan kamera mirrorless full frame. Setelah tiga brand tersebut meluncurkan kamera-kamera andal mereka, kini giliran Panasonic yang masuk ke pasar mirrorless full frame.

Lewat ajang Photokino di Jerman belum lama ini, Panasonic memperkenalkan dua kamera mirrorless full frame Lumix mereka. Keduanya adalah Lumix S1 dan S1R. Eits, tapi kamera ini belum resmi dirilis. Karena menurut Panasonic, kedua kamera ini masih dalam tahap developing dan masih berupa prototype.

DPReview menulis, kamera ini punya "wajah" yang mirip. Namun sensor full frame yang mereka gunakan memiliki resolusi yang berbeda. Panasonic S1 punya sensor 24MP sementara S1R punya sensor yang lebih besar yaitu 47MP.

Panasonic bekerja sama dengan Leica untuk sistem mounting lensanya. Semua lensa Leica seri SL dan TL bisa dipasang di kamera ini. Begitu juga dengan lensa Sigma yang menggunakan sistem mounting yang sama.

Panasonic Akan Keluarkan Mirrorless Full Frame Lumix S1 dan S1R

Dua kamera ini bukan ditujukan untuk pemula melainkan professional. Karena kamera dibutuhkan kemampuan memotret tingkat tinggi untuk memaksimalkan fungsi-fungsi dari kamera ini.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Panasonic di dua kamera barunya adalah in body image stabilization (IBIS Dual IS), sistem AF Depth-from-Defocus (DfD), weather sealing, tilting LCD touch screen display, slot memori card ganda masing-masing untuk XQD dan SD, dan perekaman 4K di 60 fps.

Kamera ini akan meluncur awal 2019.