Teknik yang harus dikuasai dalam videografi

LAZONE.ID - Penting! untuk yang mau menekuni dunia videografi

Memproduksi video yang profesional bukan berarti kamu harus memiliki peralatan mahal lho! Banyak trik dan Teknik yang bisa kamu terapkan untuk bisa menciptakan sebuah video yang indah walaupun masih terbatas dari segi budget. Berikut adalah beberapa tips dan trik mengenai Teknik yang bisa kamu pelajari jika ingin terlihat memproduksi video layaknya profesional:

1. Ambil Gambar dengan Stabil

Yap, memang untuk mengambil gambar tanpa bergoyang sama sekali kamu harus menggunakan tripod. Tapi sebenarnya kamu bisa mengambil gambar tanpa bergantung kepada peralatan. Gunakan permukaan yang rata, dinding atau objek lainnya. Tapi kamu harus pastikan kameramu tidak akan bergoyang saat ditaruh! Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mendapatkan perspektif yang lebih variatif dibandingkan menggunakan tripod yang hanya ditaruh pada satu titik.

2. Dekati Obyek

Teknik mengambil gambar secara kreatif akan menghasilkan video yang menarik untuk ditonton. Pemula biasanya memulai dari pojok ruangan atau jauh dari kegiatan yang sedang terjadi. Padahal dengan mendekati objek, penonton bisa mengerti apa yang sedang terjadi dan menangkap gambar yang lebih intim. Coba juga dengan menangkap momen dari berbagai sudut seperti bagian atas atau bawah dari obyek kamu.

3. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu faktor yang menentukan hasil gambar yang kamu tangkap. Selalu ingat bahwa obyek harus mendapatkan pencahayaan agar gambar yang kamu hasilkan menjadi lebih indah. Saat sedang mengambil gambar di ruang terbuka, pastikan kamu tidak membelakangi matahari. Sedangkan saat di dalam ruangan, pastikan pencayahannya cukup. Jika terpaksa, akali degan menyorot cahaya ke wajah obyek.

4. Pastikan Suaranya Terekam

Bagaimanapun kamu sudah menghasilkan video yang indah dengan penceritaan yang bagus, semuanya akan sia-sia jika kamu tidak memperhatikan kualitas suaranya. Pastikan kamu merekam suara saat awal dan memastikan kembali bahwa suara yang kamu rekam sudah sesuai dengan keinginanmu.