Teliti Membeli Kamera Seken

LAZONE.ID - Lo harus teliti ya, Bro.

Membeli kamera seken membuthkan ketelitian tersendiri. Nggak lucu dong, kalau ingin mendapatkan gambar dengan kualitas baik tapi akhirnya harus menghadapi cacat sana-sini? Makanya kamu harus teliti dan mengecek barangnya langsung sebelum kamu membeli. Jika sudah melihat produknya langsung, nggak berhenti sampai situ. Kamu harus mengecek apakah semua masih berfungsi dengan baik! Apa saja yang harus kamu tes?

 

1. Dead Pixel

Ambil beberapa gambar dan perhatikan, apakah ada bintik hitam pada foto? Jika iya, maka kemungkinan pikselnya sudah tidak bisa menangkap cahaya lagi sehingga akhirnya hanya menunjukkan warna hitam. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa memindahkan foto ke computer untuk memastikan apakah foto ini hanya ada pada layar LCD kamera atau memang berada di bagian sensor.

 

2. Sensor Kamera

Buka lensa atau lihat melalui viewfinder, apakah ada kotoran yang menempel. Jika tidak bisa melihatnya, coba ambil gambar dengan latar polos dan perhatikan apakah ada sedikit noda pada hasilnya.

 

3. Shutter Count.

Shutter Count adalah jumlah jepretan yang sudah dilakukan oleh pemilik kamera sebelumnya. Ibaratnya, shutter adalah mesinutama kamera. Setiap kamera punya batas maksimal jeperetan yang berbeda lho! Jangan sampai kamu mendapatkan Shutter Count yanghamper mencapai batas, nanti nggak bisa foto-foto. Cara ceknya bisa kamu lihat dengan ambil foto dan upload ke: www.myshuttercount.com

 

4. Autofokus

Pastikan lensa kamera masih focus dengan membidik obyek. Jika gambar masih buram pada titik yang kamu pilih atau sering gagal focus pada satu titik, artinya lensa tersebut sudah tidak layak pakai!