Tips Memotret Saat Hujan

LAZONE.ID - Langsung praktekin ya, Bro!

Cuaca tidak semestinya menjadi halangan bagi para pecinta fotografi untuk berkarya. Setiap cuaca bisa memberikan nuansa yang berbeda apabila kita bisa menguasai tekniknya. Pada musim hujan seperti ini, banyak momen yang dapat kamu abadikan saat sedang hujan. Kamu hanya butuh mempelajari beberapa trik berikut:

 

1. Perhatikan ekspresi orang-orang

Hujan dapat memberikan pengaruh yang bervariasi kepada orang-orang dengan karakter berbeda. Ada yang kesal karena membayangkan macetnya perjalanan, anak-anak yang bahagia karena bisa bermain hujan-hujanan hingga romansa pasangan yang menikmati hujan.

 

2. Gunakan Flash

Cahaya flash bisa menambahkan cahaya pada tetesan hujan hingga menciptakan sebiuah foto yang artistik. Atur lampu flash kamu dan ambil foto berulang kali hingga mendapatkan hasil yang pas dan tidak terlalu terang ataupun gelap. Lakukan eksperimen untuk mengabadikan sihir yang diberikan ketika hujan turun.

 

3. Taruh hujan membelakangi sumber cahaya

Pada posisi backlight, hujan akan terlihat lebih jelas. Cahaya tersebut akan sangat kotras da membuat tetesan hujan menjadi lebih terang. Namun harus diperhatikan posisi angle yang digunakan agar tidak terlalu gelap ataupun terang. Untuk mengatur eksposur, gunakan juga benda-benda yang ada disekitarmu.

 

4. Perhatikan refleksi

Saat gerimis, memang akan sangat sulit untuk mengabadikan hujan. Jadi kamu harus memberikan beberapa nuansa bahwa sedang turun hujan. Salah satunya adalah memperhatikan refleksi di air atau kaca mobil.