TIPS MENDAPATKAN FOTO TACK SHARP

LAZONE.ID - Berikut tipsnya, Bro!

Istilah “Tack Sharp” sendiri adalah di mana foto yang dihasilkan tersebut focus yang tajam pada subjek utama baik dari unsur garis, detail yang tajam, dan tanpa sedikitpun gambar yang kabur. Namun dalam menghasil foto yang tajam dibutuhkan berbagai faktor baik dari segi teknis maupun keterampilan dalam fotografi.

Lalu bagimana cara mendapat ofot “Tack Sharp” yang diinginkan? Mungkin beberapa tips ini bisa membantumu dalam menciptakan sebuah foto “tack sharp” yang kamu inginkan.

1. Fungsikan Sweet Spot

Menari Sweet Spot boleh dikatakan gampang – gampang susah tergantung  kondisi cahaya jika memang memadai. Pada umumnya lensa kamera memiliki keterbatasn untuk foto tertajam di satu aperture tertentu. Umumnya bisa diturunkan 2 – 3 stop dari aperture terlebar, sekitar f/8 pada lensa kebanyakkan.

Faktor aperture ini juga dipengaruhi oleh kecepatan rana dan DOF.

2. Single Point Autofocus

Gunakan mode Single Point Autofocus untuk membuat kamera menjadi focus pada satu titik saja. Caranya dengan menekah setengah shutter pada objek yang ingin kamu potret. Dengan hal tersebut kemungkinan kamu mendapatkan foto super tajam akan semakin tinggi.

3. Gunakan ISO Terkecil

ISO yang besar akan memungkinkan muncul noise yang banyak. Oleh sebab itu ISO yang digunakan adalah yang paling terkecil. Gunakan sekitar 100 atau 200 untuk mendapatkan foto yang lebih tajam.

4. Pasang Lensa Paling Terbaik

Kamu pasti berpikir apakah Lensa terbaik adalah Lensa dengan harga mahal? Tentu benar, merk dan kualitas tentu membuat harga Lensa akan semakin mahal, namun untuk mendapatkan foto tajam yang diinginkan kenapa tidak untuk membeli, ini adalah salah satu investasi jangka panjang untuk ke depannya sebagai fotografer.

5. Tidak Menggunakan Filter Lensa

Pada faktanya, filter lensa sangat jelas mengurangi ketajaman foto yang kamu hasilkan, yang dapat mengurangi kualitas pada hasil foto akhir. Jika memang filter lensa tidak butuhkan sebagainya jangan digunakan, karena pengaruhnya cukup besar dengan ketajaman sebuah foto.

Sekarang kamu sudah pahamkan cara mendapatkan foto “tack sharp” yang kamu inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat yah. Follow dan pantau terus berbagai informasi terupdate seputar fotografi, Videografi, dan Visualgrafi hanya di Instagram Official Lensa Community.