Barcelona mungkin saat ini sedang melempem di berbagai kompetisi. Bahkan Messi cs saat ini sedang berjuang untuk bisa kembali ke zona Liga Champions alias empat besar klasemen. 

Meski begitu, tim yang terkenal dengan taktik tiki-taka dan teknik penguasaan bola yang luar biasa ini pernah jadi kiblat sepak bola dunia, terlebih di rentang waktu tahun 2009-2012. Saat itu rasanya Barca adalah tim yang benar-benar tak terkalahkan di kompetisi domestik maupun kompetisi tertinggi Eropa.

Tapi apakah lo sadar Bro, bahwa tiga pemain top ini juga pernah berseragam Barcelona di satu titik dalam karirnya?

Mikel Artetabanner-ads


Gelandang bertahan yang kini jadi manajer Arsenal tersebut ternyata memulai karir dari Blaugrana, Bro. Tiga musim awal karirnya dihabiskan untuk membela tim Barcelona B sebelum hijrah ke Paris Saint Germain, Rangers, dan Real Sociedad sebelum akhirnya mendarat di Premier League dan jadi legenda Arsenal.

Ricardo Quaresma


Pada masanya, Quaresma dianggap sebagai salah satu dribbler paling mumpuni yang ada di Eropa. Kemampuannya meliuk di antara barisan pertahanan lawan emang banyak dikagumi oleh para penikmat sepak bola. Quaresma mendarat di Barcelona pada tahun 2003. Sebenarnya sang pemain punya segala atribut yang bisa membuatnya sukses di Barca. Tapi, Frank Rijkaard yang saat itu menjabat sebagai manajer tidak menyukai tempramen dan etos kerja yang buruk dari sang pemain hingga langsung menjualnya setelah cuma berseragam Barca selama satu musim.

Thiago Motta


Ternyata Motta memulai karir profesionalnya tahun 2001 lalu di Barcelona. Sayangnya cedera berkepanjangan yang dialaminya membuat Thiago Motta sulit mendapatkan tempat utama di dalam tim. Berkali-kali pindah klub hingga akhirnya sang gelandang nyentrik ini mampu menemukan konsistensi bermain di PSG. Di klub Paris tersebut dirinya memenangkan banyak gelar dan selalu jadi pemain andalan tim, terlebih di laga-laga besar. Sama halnya seperti Arteta, di akhir karirnya sebagai pemain, Thiago Motta memutuskan untuk jadi pelatih dan ditunjuk untuk melatih Genoa di Serie-A.