Mungkin lo sudah mulai bosan dengan rute yang itu-itu doang. Paling cocok memang cari rute baru.

banner-ads

Nyari rute sendiri sebenerya jauh lebih seru. Tapi kalau lo males masuk jalan yang random, di Tangerang, paling nggak ada 3 rute yang bisa dijangkau pakai sepeda gravel.

1. Danau Cisawang

Lokasi ini nggak jauh sama Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPITEK) di Serpong. Di sana ada danau buatan bekas tambang pasir yang lokasinya ada di belakang pemukiman warga.

Sebagian besar rute ini adalah jalan tanah keras. Bawa beberapa perbekalan sih cocok buat nikmatin pemandangan di sini. Apalagi dari The Breeze BSD ke lokasi ini juga cuma 25 km kok PP.

2. Curug Rahong

Kalau lo mau suasana lebih asri lagi coba gowes 33 km ke arah Kampung Kedaung di Bogor dari BSD. Di sini ada wisata alam air terjun dengan ketinggian pancuran air 15 meter.

Airnya relatif bersih. Di sana juga ada batu-batu besar yang bisa jadi spot lo berfoto.

3. Bukit Dago, Cabe dan Pingku

Terakhir ada tiga lokasi yang biasanya dijadikan satu destinasi sekaligus nih sama anak-anak gravel, soalnya lokasinya berdekatan, yaitu Bukit Dago, Cabe dan Pingku.

Di ketiga lokasi itu, lo bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Ingat, dari ketinggian, jadi memang ada jalan menanjak yang harus lo lewati, bro.

Tapi jaraknya nggak jauh-jauh amat kok. Dari BSD, PP lo cuma nempuh 55 km.