Dalam mengejar trofi serta posisi yang baik di klasemen akhir liga, merekrut pelatih top adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak klub sepak bola. Dengan budget yang mereka punya, biasanya setiap klub akan mencari pelatih paling top di kelasnya. pelatih dengan reputasi tinggi dianggap bakal mampu mengangkat performa tim untuk mencapai target di akhir musim.

banner-ads

Sayangnya, kadang walaupun udah pernah bikin tim bermain bagus, gak sedikit klub yang memecat karena sederet hasil buruk dari pertandingan-pertandingan liga yang sedang dijalani. 

Contohnya adalah Mauricio Pochettino, dirinya dipecat setelah Tottenham berkutat di papan tengah, bahkan di bawah Manchester United yang lagi kelabakan. Padahal, musim lalu Pochettino baru aja bawa Tottenham melaju ke final Liga Champions, mungkin ini adalah pencapaian tertinggi dalam sejarah Tottenham.

Selain Mauricio Pochettino ada beberapa pelatih yang dipecat padahal sebelumnya mereka sempat nunjukin performa yang sangat baik saat memimpin tim.

 

Roberto Di Matteo (Chelsea)

Para penggemar Liga Inggris pasti tau kisah ajaib petualangan Chelsea di Liga Champions musim 2011/2012. Andre Villas Boas saat itu dianggap gak mampu mengangkat performa tim dan dipecat gak lama setelah Chelsea kalah 3-1 oleh Napoli di babak 16 besar Liga Champions. Roberto Di Matteo berhasil membalikkan keadaan di leg selanjutnya. Di babak semifinal, mereka bisa bikin Barcelona repot, Messi tampak frustasi gak bisa bobol gawang Petr Cech meski Chelsea cuma main dengan 10 pemain. Singkat cerita mereka juara UCL setelah mengalahkan Munchen di final. Tapi performa Di Matteo yang gak berkembang di musim selanjutnya bikin dirinya harus rela dipecat bahkan sebelum paruh musim.

 

Laurent Blanc (PSG)

Statistik mantan bek MU ini gak main-main, Bro. Di musim 2015/2016, dirinya berhasil bawa PSG juara Ligue 1 dengan selisih 31 poin dari Lyon di posisi 2. Gelar Liga Prancis ketiga secara berturut-turut ini juga didampingi dua gelar domestik yang lain. Tapi, ternyata secara mengejutkan petinggi klub memilih untuk memecat Laurent Blanc pada akhir musim yang sama, dengan alasan gak lolos dari babak perempat final Liga Champions.

 

Antonio Conte (Chelsea)

 

Chelsea di bawah Roman Abramovich emang terkenal sering gonta-ganti pelatih dan beli pemain mahal. Salah satu korban manajemen klub dari London ini adalah Antonio Conte. Pelatih kharismatik dari Italia ini baru aja mimpin Chelsea juara Liga Inggris musim 2016/2017. Tapi, Conte tiba-tiba dipecat di akhir musim dan ini bikin sebagian fans Chelsea marah terhadap manajemen klub. Sekarang, Conte melatih Inter Milan dan mereka jadi pesaing kuat buat Juventus di Serie-A.

Kalau para pelatih yang dipecat ini tetep di klub mereka saat itu, kira-kira bakal bisa tetep juara gak ya?