Sebagai olahraga yang kompetitif, sepak bola harus menegakkan aturan supaya pertandingan berjalan dengan adil. Melaksanakan semua peraturan juga jadi bentuk sportifitas untuk para pemain yang terlibat di dalamnya.

banner-ads

Peraturan ini juga selalu berkembang setiap saat. Dulu, kiper boleh menangkap backpass yang dilakukan rekan satu timnya dengan tangan. Namun di era sepak bola modern dibuatlah aturan bakcpass dimana para penjaga gawang gak bisa mengambil operan langsung dari rekan mereka.

Tapi itu adalah peraturan yang umum, mungkin lo belum tau kalau ada juga peraturan-peraturan seperti berikut ini, Bro.

Bola tidak boleh meluncur diam untuk dianggap sah sebagai gol

Ada sebuah aturan unik dimana jika sebuah bola yang meluncur ke gawang terlihat melayang diam tanpa berputar, bola tersebut gak dianggap sah sebagai gol, terlebih kalau bola tersebut sampai menembus jaring gawang ke bagian belakang. 

Kartu kuning untuk selebrasi berlebihan tetap berlaku meski gol dianulir

Selebrasi membuka baju seperti Ibrahimovic di atas bakal membuahkan sebuah kartu kuning buat sang pemain. Tapi bagaimana kalau gol yang dicetak pemain tersebut dianulir? Sayangnya kartu kuning yang diberikan gak ikutan dianulir juga, Bro. Jadi betapa sialnya seorang pemain kalau mereka kena kartu kuning setelah merayakan gol yang dianulir.

Pemain bisa dikeluarkan sebelum pertandingan dimulai

Yap, seorang pemain bisa mendapatkan kartu merah bahkan sebelum pertandingan dimulai. Contoh kasus tersebut adalah Patrice Evra yang menendang fans di momen pemanasan sebelum Marseille bertanding. Dirinya langsung diberi kartu merah dan dikirim ke luar lapangan saat itu juga.

Jumlah penendang di babak adu penalti harus seimbang

Peraturan ini emang logis, tapi apakah benar-benar pernah terpikirkan oleh orang-orang? Jadi, penjelasan dari aturan tersebut menyebutkan bahwa kalau sebuah tim mengakhiri babak tambahan waktu dengan 10 pemain karena kartu merah atau cedera, tim lawannya juga harus mengeluarkan satu pemain mereka supaya di babak adu penalti kedua tim sama-sama punya 10 pemain.

Hal ini pernah terjadi di final Piala Dunia 2006 ketika Zidane dikirim ke luar lapangan karena menyundul dada Materazzi. Italia yang keluar sebagai juara harus mengorbankan Gattuso di babak adu penalti supaya jumlah pemain mereka seimbang.

Sebuah tim bisa memulai permainan dengan cuma 7 pemain

Meski kelihatannya gak adil, peraturan ini nyata adanya. Sulit juga membayangkan hal tersebut harus sampai terjadi.

Tapi ada aturan tertulis yang menyebutkan walau sebuah tim cuma punya 7 pemain karena berbagai alasan, mereka masih bisa memulai pertandingan yang akan dihadapi.

Mana nih Bro aturan yang baru lo tau ada dari sini? Gue masih punya lanjutannya nih nanti, makanya pantengin terus update-an lazone.id!