Jangan ciut dulu kalau di depan ada tanjakan. Simak nih 5 cara biar bisa menaklukkan tanjakan seperti atlet profesional.banner-ads

1. Manfaatkan Momen

Ini penting. Lo bisa manfaatkan momen kalau tahu di depan ada tanjakan. Kalau di sebelum tanjakan ada turunan, libas dengan gear kecil biar speed maksimal. Kalau sudah begitu kamu bisa melewati tanjakan dengan jauh lebih mudah.

2. Pakai Gear Besar

Kalau sudah tidak kuat, manfaatkan gear yang ada di sepeda. Ubah gigi ke rasio yang paling ringan. Gear belakang pindahkan ke yang paling besar, sedangkan gear depan pindahkan ke yang paling kecil.



3. Jaga Tempo

Saat melewati trek tanjakan lo harus menjaga tempo kayuhan. Usahakan kayuhan pedal lo di atas 70 rpm.

4. Atur Napas

Mengatur napas juga jadi hal yang penting saat menghadapi tanjakan. Pengaturan napas juga dilakukan biar pasokan oksigen cukup.

Tips tambahan, lo bisa usahakan bagian pinggul di bagian belakan sadel saat duduk. Hal ini bisa menjaga punggung tetap lurus dan memastikan dada dan paru-paru tetap terbuka.



5. Manfaatkan Berat Badan

Kalau memang sudah payah untuk menaklukkan tanjakan, coba lakukan hal yang biasa dipraktekan para pesepeda profesional, yaitu berdiri. Mereka memanfaatkan berat badan agar mengayuh bisa lebih kuat.