Sport

5 Kesalahan saat Loe lari

  • 06 September 2015
  • 128 views

Lari memang olahraga paling simpel, tapi tanpa disadari banyak kesalahan yang seharusnya nggak terjadi.

LAZONE.ID -

Lari memang olahraga paling simpel, tapi tanpa disadari banyak kesalahan yang seharusnya nggak terjadi.

Loe terbiasa lari dengan sesuka hati Bro? Mulai sekarang, lakukan manajemen yang baik pada kegiatan loe ini. Supaya tujuan loe sehat bener-bener tercapai Bro. "Kalau gue, lari itu bersama-sama teman atau pacar, jadi bisa saling koreksi kekurangan. Karena jarang ada yang namanya instruktur lari," kekeh Tomi Wahyu, seorang pebisnis muda yang doyan lari menggunakan 'manajemen' saling mengingatkan dengan sang pacar. Biar nggak salah, yuk kita cek sama-sama kesalahan seperti apa sih yang biasa dialami para pelari.

1. Berlari terlalu cepat

Lari terlalu cepat buat pemula bisa menyebabkan tubuh lebih cepat lelah. Tanamkan dalam diri loe, lari itu olahraga yang mengutamakan proses. Jadi baik kalau dilakukan secara bertahap. Nggak bisa instan kayak menyeduh segelas kopi Bro!

2. Salah pakai sepatu lari

Tahu nggak sih loe Bro, salah memilih sepatu buat lari bisa menyebabkan sejumlah masalah. Nggak hanya nyeri lutut tetapi juga nyeri bahu. Inilah kenapa sepatu dikatakan sebagai "sillent killer" program lari. Gak gila juga kan loe lari pakai sepatu bot?
Sepatu lari biasanya punya ciri, punya sol sesuai bentuk kaki, agar keseimbangan tapak merata, punya sifat meredam, ventilasi cukup, ringan, dan lentur.

3. Tujuan tidak realistis

Ingatlah, satu-satunya yang harus loe lawan ialah diri loe sendiri. Jika loe pelari baru, cobalah pertama-tama berlari dari jarak yang pendek terlebih dahulu dengan lintasan lurus.
Mulailah program lari dengan realistis sehingga bisa membantu loe membangun kekutan dan kemampuan untuk mencapai tujuan lari.

4. Terlalu banyak makan dan minum

Bro loe tak bisa berlari dengan baik jika tubuh loe terlalu dipenuhi air dan makanan. Sebaiknya pertimbangkan asupan makanan dan minuman sebelum lari. Jika memiliki waktu satu jam sebelum lari, makanlah sedikit asupan protein, karbohidrat dan lemak. Misalnya sepotong roti tawar dengan selai kacang atau almond.

Namun, jika jeda waktu dua jam sebelum lari, makanlah makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah lebih banyak. Misalnya, beberapa butir telur, daging asap dan sepotong roti panggang.

5. Kelewat ribet dengan bawaan loe
Prepare untuk lari boleh banget, tapi jangan bikin loe ribet dengan pernak-pernik. Contoh nih yang sering banget terjadi, loe bawa sun glass mewah loe buat berlari pagi sementara loe sadar loe mulai berlari itu dari jam 5 pagi, helooo, matahari terik baru nanti jam 10 kayaknya!

tags : lari

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...