Drama yang terjadi di Barcelona tampaknya masih bakal terus berlanjut. Setelah sebelumnya pihak klub terlibat sedikit cekcok dengan sang bintang Lionel Messi, kini mereka gak kunjung membaik dalam hal performa.

Mereka menunjukkan performa yang benar-benar jauh dari kata layak untuk tim sekelas mereka. Messi juga kelihatannya sedang paceklik gol dan kesulitan membantu timnya untuk bangkit. Penunjukan Ronald Koeman sebenarnya diharapkan jadi solusi karena sebelumnya dengan Quique Setien mereka juga banyak menghadapi masalah. Ternyata kedatangan Koeman gak mengubah apapun, bahkan kelihatannya membuat Barca terlihat sedikit lebih parah.

Jadi, sebenarnya apa sih yang sedang terjadi kepada Barcelona?

Secara garis besar, mereka lagi ngalamin beberapa masalah besar seperti badai cedera dan juga masalah finansial.banner-ads


Beberapa pilar utama mereka harus menepi selama beberapa bulan karena mengalami cedera serius. Gerard Pique dan Sergi Roberto yang biasanya melengkapi pertahanan solid Barcelona gak bisa main selama beberapa bulan kedepan karena ngalamin cedera saat kalah melawan Atletico Madrid.

Pique ngalamin cedera ligamen di lutut kanannya, cedera yang benar-benar ditakuti oleh para pemain sepak bola. Sedangkan Roberto cedera hamstring yang juga biasanya butuh waktu gak sebentar untuk bisa pulih. Sayangnya pemain pelapis yang ada gak begitu bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Di sisi lain, Barca juga ternyata sedang ngalamin krisis finansial. Dampak pandemi yang melanda, emang banyak klub besar yang menyatakan sedang dilanda krisis keuangan. Untuk masalah ini, Barca gak sendirian, soalnya di Serie A ada juga Juventus yang ngalamin hal serupa.

Jajaran direksi klub sedang memutar otak untuk memotong budget gaji para pemain sebesar 190 juta euro. Pihak klub telah melobi para pemain supaya mau melakukan pemotongan gaji tapi mereka masih belum juga menemukan solusi. Banyak orang yang menyayangkan Barca gak jadi menjual Messi pada bursa transfer lalu, karena uang dari penjualan Messi sebenarnya bisa membantu keuangan klub yang lagi kesusahan ini.

Di gameweek ke-10 La Liga, kini mereka berada di posisi 13 dengan ketinggalan 12 poin dari puncak klasemen. Meskipun sebenarnya Barca punya ‘tabungan’ karena jumlah main mereka baru 8 kali, tetap aja kalau mereka memenangkan keduanya Blaugrana belum bisa beranjak dari papan tengah klasemen.

Menurut lo, apa yang harus dilakukan Barca supaya bisa bangkit seperti sedia kala?