Tes di Valencia sudah dilakukan dan memunculkan banyak pertanyaan jelang uji coba pra musim 2019 di Jerez pada 28 dan 29 November. Para rider cuma punya dua hari istirahat sebelum mereka kembali ke Sirkuit Angel Nieto di Jerez.

Tapi apa poin pembicaraan jelang aksi MotoGP sebelum liburan musim dingin?

1. Marquez Punya Saingan

Ini tentu saja masih awal untuk mengatakan hal tersebut, tetapi tampaknya Marc Marquez menghadapi beberapa kompetisi yang sangat ketat. Juara Dunia tujuh kali itu cepat di Tes Valencia dan senang dengan tes awalnya.

Tapi ada banyak pembalap yang memulai dengan kuat. Vinales dan Andrea Dovizioso memimpin di Valencia, sementara Suzuki dan Yamaha Franco Morbidelli juga terlihat mengancam.

Selaini itu ada cedera bahu yang merepotkan bagi Marquez. Ia bahkan harus segera menjalani operasi. Pramusim Si Baby Alien bakal terganggu, jadi apakah saingannya dapat memanfaatkan itu?

2. Apakah Yamaha Sudah Siap?

Pertanyaan di bibir semua orang adalah apakah Yamaha siap untuk bertempur dengan Honda, Ducati dan mungkin Suzuki juga di 2019? Vinales dan Rossi memang sudah terlihat lebih kerasan dengan mesin baru motor mereka.

Keduanya juga menempati dua pertunjukan yang sangat positif di Sepang dan Valencia. Dengan dua mesin baru yang dicoba di Valencia, hasilnya memang sudah sangat menggembirakan.

3. Lorenzo Belajar

Salah satu poin pembicaraan terbesar tentang musim 2019 adalah penampilan Jorge Lorenzo dengan mesin RC213V. Lima kali juara dunia itu mengakhiri tes kurang membanggakan di Valencia.

Adaptasinya baru saja dimulai, tetapi itu jauh dari debut positif bagi Lorenzo yang juga berhasil mencoba mesin Repsol Honda versi kedua kemarin.

Apa Yang Ditunggu Di Jerez?

4. Morbidelli dan M1

“Gaya membalap saya sudah cukup mulus; motor ini hanya bisa dipakai dengan gaya berkendara itu,” begitu reaksi Franco Morbidelli untuk penampilan pertamanya dengan YZR-M1 setelah beralih dari Honda. Rider Petronas Yamaha SRT itu menduduki tempat keenam dalam uji coba.

Ini adalah hari-hari awal, tetapi tampaknya Juara Dunia Moto2 2017 itu sudah mengacak-acak posisi.

5. KTM Bawa Satu Truk Buat Uji Coba

Pol Espargaro memimpin tugas pengujian KTM saat mereka menggulirkan banyak komponen baru, baik eksterior, teknis dan mekanis. Pabrikan Austria itu memang bertujuan untuk membangun podium Spanaird di Valencia.

Dan jangan lupakan perkembangan Johann Zarco. Itu adalah debut yang sulit setelah dua kali crash di hari kedua.

banner-ads