Mengabdi selama lebih dari dua dekade, Arsene Wenger akhirnya mundur dari Arsenal di ujung musim 2017/18. Wenger mundur setelah prestasi Arsenal cukup buruk musim ini.

Masa bakti sepanjang itu, Wenger sah sebagai manajer terawet di sejarah Liga Inggris. Selama 22 tahun masa kerja, Wenger sudah memberikan 17 trofi termasuk tiga trofi Premier League.

Meriam London menganggap Wenger tetaplah sosok spesial sampai kapanpun. Karenanya meski harus mencari sosok suksesor dengan segera, Arsenal menganggap Wenger tak tergantikan samasekali.

Petinggi klub, Ivan Gazidis mengatakan akan sangat berhati-hati mencari pengganti Wenger. Bukan mau cepat, tapi juga tepat.

Arsenal: Karena Wenger Tak Tergantikan

"Kami tak akan menemukan pengganti. Arsene adalah seorang manajer luar biasa dan pribadi yang menakjubkan. Anda tak menemukan pengganti, Anda menemukan jalan baru ke depan," kata Gazidis selaku CEO Arsenal.

Gazidis sendiri memprediksi takkan ada manjer seawet Wenger ke depannya. "Saat kami melihat ke depan, klub ini sekarang berada di tempat yang sangat berbeda dengan 22 tahun lalu. Tak terlintas oleh saya bahwa kami akan memiliki manajer lain yang akan bertahan selama 22 tahun," ucapnya.

Sejauh ini sudah ada nama Carlo Ancelotti, Laurent Blanc, Thomas Tuchel, Leonardo Jardim, Thierry Henry, Patrick Vieira, Brendan Rodgers sampai Luis Enrique.

Tapi tim memilih bersabar dan siap mengambil langkah berani agar klub London Merah ini ditangani sosok yang tepat.

"Yang terpenting adalah membuat penunjukan yang tepat, bukan penunjukan yang cepat. Prosesnya dimulai hari ini. Saya ingin proses itu berjalan secara internal. Klub ini harus siap menghadapi tantangan," tukasnya kepada Skysport.

banner-ads