Sebelumnya gue udah pernah kumpulin list 5 aturan sepak bola yang gak banyak diketahui orang. Nah, gue bakal bikin bagian keduanya nih.

banner-ads

Di luar banyaknya aturan sepak bola yang udah diketahui banyak orang seperti aturan selebrasi yang melarang pemain membuka baju mereka, ternyata ada beberapa yang jarang diketahui karena hampir tidak pernah diterapkan.

Nih Bro beberapa aturan yang mungkin jarang diketahui orang.

Penyerang tidak boleh berada di jarak 1 meter dengan pagar betis

Peraturan tersebut mulai diterapkan di beberapa kompetisi besar sejak awal musim ini. Badan yang berwenang merasa bahwa pemain penyerang yang berada terlalu dekat dengan pagar betis berpotensi membuang-buang waktu, bahkan disebut-sebut merusak semangat permainan. Peraturan ini dikeluarkan langsung oleh International Football Association Board (IFAB) tahun lalu. IFAB berasalan bahwa penyerang gak punya urgensi untuk berada terlalu dekat atau bahkan ada di dalam pagar betis lawan.

Own goal dari free-kick dan lemparan ke dalam dianggap tidak sah

Skenario seperti yang disebutkan di atas mungkin punya kemungkinan terjadi yang sangat kecil, bahkan hampir nol. Tapi bagaimanapun, IFAB menerapkan aturan tersebut supaya pertandingan bisa berjalan dengan adil dan semestinya.

Tim yang menang tos tosan koin boleh memulai kick-off

Peraturan ini baru diberlakukan pada tahun 2019 lalu. Awalnya, kapten tim yang menang tos-tosan koin cuma berhak memilih gawang mana yang bakal mereka tempati. Namun dengan aturan baru ini, mereka juga berhak memilih untuk jadi tim yang memulai kick off atau tidak.

Saat penalti kiper dilarang menyentuh tiang dan mistar gawang

Kiper mungkin gak bakal mendapat sanksi apapun untuk hal ini, tapi jika seorang kiper masih menyentuh mistar dan tiang gawang, wasit tidak bisa memberikan tanda supaya penendang bisa melakukan tendangan penalti.

Kiper tidak boleh memegang bola lebih dari 6 detik

Seorang kiper emang punya wewenang untuk memainkan bola menggunakan tangan, tapi ada aturan yang membuat mereka gak bisa memegang bola lebih dari 6 detik. Kiper bisa mendapatkan kartu kuning kalau melanggar aturan ini. Aturan ini juga dibuat supaya kiper tidak ikut membuang-buang waktu setiap ada kesempatan.

Ada aturan yang baru lo tau, Bro? Kadang, peraturan emang bikin pertandingan jadi ribet, tapi itu semua bertujuan supaya semua tim bermain secara adil dan pertandingan berjalan sebagaimana mestinya.