Tapi memang nggak gampang buat dapetin frame Elevated Chainstay. Biasanya juga sepeda ini cuma punya ukuran wheelset 26 inci.

banner-ads

Frame ini punya posisi chainring yang lebih tinggi dari sepeda biasa. Dengan frame ini lo bakal kelihatan berbeda dari yang lain di jalanan yang menggunakan frame tube lurus atau ke bawah yang sering juga disebut lady.

Frame jenis ini memang sudah diadaptasi oleh beberapa pabrikan untuk seri MTB modern. Tapi desain yang lebih oke memang masih dipegang frame jadul dengan tube kecil.

Baca Juga: Jadi Pusat Perhatian dengan Sepeda Jepang

Ada banyak merek yang merilis frame Elevated Chainstay, seperti Toyo Asahi, Haro Extreme, Yosemite, Nishiki, Alpinestars dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di forum jual beli dan e-commerce, sepeda Elevated Chainstay memang jarang dijumpai. Lo harus sabar-sabar untuk hunting atau mencarinya dengan keyword lain karena Elevated Chainstay sering disebut E-chainstay di awal '90-an.

Frame jenis ini punya banyak kelebihan dari yang biasanya. Pertama adalah rantai sepeda jauh dari frame. Buat lo yang pakai E-chainstay nggak perlu lagi tuh butuh chainstay protector.

Rangka sepeda ini memungkinkan rantai bergerak jauh lebih bebas tanpa menyentuh tube bagian bawah. Selain nggak gampang kotor, nggak ada juga berisik karena rantai yang mentok.

Selanjutnya lo bisa pakai ukuran chainring yang lebih besar. Biasanya, buat lo yang mau pakai chainring besar, kendalanya adalah mentok ke chainstay. Tapi karena frame ini punya desain chainstay lebih ke atas, jadi masalah itu terselesaikan.