Bersepeda memang bisa bikin lo sehat dan senang, tapi kalau nggak aman ya percuma. Makanya lo harus pakai helm.banner-ads

 Tapi milih helm juga nggak bisa sembarangan, selain alasan keselamatan ada juga faktor penampilan yang begitu berpengaruh.

Ada beberapa tips untuk memilih helm sepeda, salah satunya dengan menyesuaikan jenis kepala. Lo harus tahu dulu bentuk kepala lo sendiri.

Baca Juga: Pinch Flat Musuh Bersama Pesepeda





Kalau berbentuk bulat, mungkin akan lebih mudah menemukannya, tapi kalau berbentuk lonjong mungkin butuh usaha buat hunting helmnya.

Kalau lo bingung memilih merk helm sepeda, caranya gampang. Lo tinggal lihat helm sepeda apa saja yang ikut perlombaan sepeda.

Merk helm yang sudah ikut dalam sebuah perlombaan sepeda biasanya sudah pasti kompeten. Si pembalap nggak mungkin dapat izin menggunakan helm itu kalau alasan keamanannya diabaikan.



Sekarang lo tinggal pilih modelnya. Buat entry model desain dan warnanya biasanya lebih beragam karena tampilan memang jadi nilai terbesarnya. Tapi untuk high-end biasanya produsen mengedepankan aerodinamika yang tinggi.

Fyi, helm nggak selalu mahal. Banyak produsen helm yang menarik di harga Rp 200 ribuan. Salah satu helm yang oke dengan harga murah adalah Avand A-20 yang berbahan serat EPU atau elastomeric polyurethane. Bahan itu disebut punya kelebihan menahan guncangan yang lebih baik.

Kalau yang modelnya mungkin lebih eksklusif ada Aerogo Gloss Titanium. Helm ini berbahan microshell yang disebut punya daya tahan lebih oke dan tahan korosi. Dengan harga Rp 350 ribu sepertinya cukup masuk akal buat helm ini.



Buat yang suka gaya retro, helm Rockbros TT-13 bisa jadi pilihan. Dibanderol dengan harga Rp 429 ribu, helm ini punya desain klasik dengan topi yang lebih mancung di depannya.