Sebagai ajang tertinggi sepak bola Eropa, Liga Champions sering menyajikan banyak pertandingan menegangkan. Akhir pekan lalu aja Bro, ada dua tim yang bikin comeback mengagumkan dalam pertandingan lanjutan Liga Champions.banner-ads

Dua tim tersebut adalah Chelsea dan Borussia Dortmund. Kedua tim itu ada di ambang kekalahan memalukan di kandang sebelum akhirnya membalikkan keadaan. Chelsea dan Dortmund menambah panjang daftar tim yang melakukan comeback spektakuler di Liga Champions.

Berikut ini gue rangkum beberapa comeback paling spektakuler dalam sejarah Liga Champions.

 

Chelsea 4-4 Ajax (Chelsea tertinggal 1-4 di babak pertama) (2019)

Sebagian fans Chelsea pasti terkuras emosinya pada pertandingan ini. Soalnya tim mereka berhasil menghindar dari kekalahan setelah secara spektakuler menyamakan kedudukan di babak kedua. Pada babak pertama, Tammy Abraham dam Kepa melakukan gol bunuh diri dan bikin Ajax unggul 1-4 di penghujung babak. Sial buat Ajax, pada menit ke-69, Daley Blind dan Veltman dapat kartu merah secara bersamaan. Chelsea pun memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan menyamakan kedudukan jadi 4-4.

 

AS Roma 3-0 Barcelona (Roma tertinggal 4-1 di leg pertama) (2018)

Sebuah pertandingan yang terlihat “impossible” buat AS Roma saat itu. Kemenangan 4-1 di kandang cukup bikin Barca percaya diri menghadapi AS Roma di Italia. Tapi siapa sangka, Lionel Messi dan kawan-kawan kewalahan menghadapi rapatnya pertahanan Roma. AS Roma pun berhasil menyamakan agregat 4-4 dan menang karena keunggulan gol tandang.

 

Liverpool 4-0 Barcelona (Liverpool kalah 3-0 di leg pertama) (2019)

Akhir musim 2018/2019 jadi akhir musim yang gemilang untuk Liverpool karena menjuarai Liga Champions. Pada laga semifinal leg kedua, The Reds melakukan sesuatu yang ajaib dengan membalikkan ketunggalan agregat 3 angka. Liverpool akhirnya mengalahkan Barcelona dengan skor 4-0.

 

Manchester United 2-1 Bayern Munchen (MU tertinggal 1-0 di perpanjangan waktu) (1999)

Pertandingan ini adalah comeback paling bersejarah buat Si Setan Merah. Bayern Munchen sedang bersiap merayakan kemenangan mereka pada injury time. Ketegangan memuncak ketika Teddy Sheringham mencetak gol. Lalu, secara ajaib MU mendapatkan tendangan pojok dan Ole Gunnar Solskjaer jadi pahlawan saat itu dengan menyambar bola yang lewat di depannya. MU pun juara Liga Champions sekaligus mendapatkan treble winner di akhir musim.

 

Barcelona 6-1 PSG (Barcelona kalah 4-0 di leg pertama) (2017)

Pertandingan mungkin bakal dikenang oleh seluruh fans Barcelona. Setelah menelan kekalahan memalukan dari PSG, Blaugrana menjadi-jadi saat main di kandang mereka. Banyak yang menilai, pertandingan ini juga jadi pertandingan terbaik Neymar di Barcelona sebelum dibeli oleh tim yang dia hancurkan malam itu. 

 

Liverpool 3-3 AC Milan (Liverpool tertinggal 0-3 di babak pertama, menang 3-2 saat adu penalti) (2005)

Malam paling dikenang oleh pendukung Liverpool di seluruh dunia. Musim ini juga merupakan musim pertama Benitez di Liverpool. Menurut kabar yang beredar, Benitez yang masih kesulitan berbicara bahasa Inggris mengucapkan kalimat motivasi di ruang ganti saat turun minum malam itu. Entah apa yang sebenarnya diucapkan oleh Benitez, Liverpool berhasil habis-habisan di babak kedua dan mempertahankan skor imbang sampai adu penalti. Mereka pun jadi juara Liga Champions dengan cara yang sangat dramatis.

Comeback mana yang paling berkesan dan lo kenang sepanjang sejarah Liga Champions, Bro?