LAzone
Sport

Ducati Punya Switch Misterius, Apa Fungsinya?

  • 11 February 2019
  • 1427 views

Ada tuas yang janggal dari Desmosedici GP19.

LAZONE.ID -

Tak jelas persis berapa lama tuas tersebut sudah ada di motor Ducati. Tapi saklar bergaya wignut itu terlihat ada di antara klem garpu saat tes MotoGP Sepang.

Ducati tidak akan mengkonfirmasi untuk apa saklar itu, tetapi rumor yang populer adalah bahwa mereka mengoperasikan beberapa bentuk 'perangkat holeshot'.

Pada motorcross, perangkat holeshot (first to turn one) pada dasarnya adalah sejenis klip yang menahan garpu depan dalam posisi semi-kompresi untuk memulai lomba, sehingga membantu mengurangi wheelies dengan memberikan bobot lebih pada bagian depan.

Ketika pengendara mengerem untuk belok, klip melepaskan dan suspensi berfungsi seperti biasa setelahnya. Jelas bukan ide gila untuk menggunakan sesuatu yang serupa di MotoGP.

Kepala kru Honda berpengalaman Chris Pike juga berkicau bahwa mereka telah menggunakan perangkat seperti itu di BSB satu dekade lalu. Sementara di motorcross rider atau mekanik harus menekan garpu dengan tangan, saat motor terhenti, sistem holeshot yang digunakan akan mengunci garpu turun ketika rider melakukan pengereman.
 



Tetapi apakah itu sama dengan apa yang dilakukan Ducati pada Desmosedici?

Switch ini tentu saja cukup besar untuk dioperasikan oleh pengendara sambil mengenakan sarung tangan di atas motor. Apalagi itu juga bersifat mekanis, bukan elektronik, yang berarti dapat secara legal mengubah suspensi di MotoGP.

Di kelas itu, ada peraturan suspensi terkontrol elektronik, ketinggian berkendara, dan sistem peredam kemudi tidak diperbolehkan. Penyesuaian pada sistem suspensi dan peredam kemudi hanya dapat dilakukan oleh input manual dan hidrolik.

"Saya tak mendengar beberapa media mengatakan tentang itu. Saya tak tahu apakah itu akan berhasil. Tapi saya tak tahu kerjanya, tanya para insinyur, mereka tahu," kata Andrea Dovizioso.

Kabar soal hal tersebut akhirnya menyebar di paddock. Hingga muncul beberapa foto yang lebih dekat pada kabel switch itu. Namun sepertinya memperlihatkan kabel itu mengarah ke bagian belakang, bukan depan seperti yang diduga.

Perangkat holeshot seperti halnya winglet yang muncul akhir-akhir ini karena ECU yang lebih sederhana diregulasikan sejak 2016. Jadi hingga saat ini, Ducati punya dua misteri pada Desmosedici GP19. Pertama adalah kotak salad di bagian buntut dan switch aneh di antara kemudi.

tags : Moto GP

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

/news/2019/April/18%20April/Rins%20Pecahkan%20Rekor%20Kevin%20Schwantz/rins-cover.jpg
Sport

Rins Pecahkan Rekor Kevin Schwantz

18 April 2019 88 views share
/news/2019/April/17%20April/Miller%20Pesta%20Lagi%20Usai%20Podium/miller-cover%20-2-.jpg
Sport

Miller Pesta Lagi Usai Podium

17 April 2019 146 views share
/news/2019/April/17%20April/Sudah%20begitu%20lama%20The%20Doctor%20tak%20merasakan%20kemenangan/rosi-cover%20-1-.jpg
Sport

Cerita Rossi Akhirnya Naik Podium

17 April 2019 128 views share