Tahun ini, tradisi umbrella girl tak lagi diterapkan di kompetisi balap mobil Formula 1. F1 memutuskan tradisi lama tersebut sudah tak lagi cocok dengan era modern.

"Selama tahun lalu, kami mengkaji lagi beberapa area yang menurut kami perlu perbaikan untuk menyesuaikan diri dengan visi kami bagi cabang olahraga yang hebat ini," kata direktur operasi komersial F1 Sean Bratches.

Bratches mengatakan, tradisi umbrella girl tidak lagi cocok dan relevan dengan F1. Keputusan untuk tidak lagi menggunakan para umbrella girl itu akan dimulai pada seri perdana F1, di Melbourne.

"Praktik menghadirkan para gadis ini sudah merupakan bagian dari F1 selama bertahun-tahun, kami merasa sekarang kebiasaan ini tidak sesuai dengan nilai produk kami, dan jelas bertentangan dengan norma kehidupan modern," tuturnya.

F1 Hilangkan Umbrella Girl, MotoGP Tak Mau Ikutan

Sementara penyelenggara MotoGP, Dorna Sport memandang lain grid girls. Manajer Komunikasi Dorna Ignacio Sagnier menyebut gadis payung juga sama dengan orang yang bekerja di dalam MotoGP.

"Mereka menikmati pertimbangan yang sama bahwa setiap orang yang bekerja di sistem MotoGP, seperti mekanik, petugas keamanan, promotor, dll," kata Ignacio Sagnier.

"Bahkan jika kami tidak melihat sesuatu yang tidak sopan, kami tidak peduli apakah mereka perempuan atau laki-laki. Selain itu, banyak anak sudah masuk grid tanpa masalah dan bersama mereka banyak model atau pelajar atau pekerja," tutur Sagnier.

banner-ads