Fakta Menarik Eksekusi Penalti di Premier League

LAZONE.ID - Tendangan 12 pas yang sering jadi pusat kontroversi permainan

Premier League yang awalnya sempat terancam berakhir tanpa juara, kini telah menyelesaikan musim kompetisi mereka. ‘Project Restart’ dimulai dengan jadwal yang sangat padat untuk tetap menyelesaikan kompetisi tepat waktu. Banyak yang terjadi selama sisa musim ini.

Di antaranya adalah Manchester United yang tiba-tiba jadi tak terkalahkan, Liverpool yang tiba-tiba melempem setelah disahkan sebagai juara, serta Arsenal yang angin-anginan. Selain itu, banyak juga terjadi pelanggaran di kotak penalti yang membuat banyak tim harus terbobol dari eksekusi tendangan titik duabelas pas.

Banyak yang merasa dirugikan dan tentunya juga diuntungkan dari banyaknya penalti yang terjadi. Ada beberapa fakta menarik nih Bro tentang eksekusi penalti di Premier League sepanjang musim ini.

MU paling diuntungkan

Sepanjang musim ini, Manchester United jadi bahan perbincangan para penggemar sepak bola karena dinilai selalu diuntungkan oleh VAR. Bahkan, banyak yang menjuluki mereka VARchester United dengan apa yang terjadi. Salah satu efeknya adalah mereka mendapatkan banyak hadiah tendangan penalti.

Musim 2019/2020 ini, Manchester United mencetak rekor sebagai tim dengan gol penalti terbanyak dalam semusim. Mereka mencetak 14 gol dari titik putih.

Hull City adalah tim paling merugi dari penalti

Kalau Manchester United musim ini mencetak rekor sebagai tim paling diuntungkan dari penalti, beberapa musim lalu Hull City adalah tim dengan rekor paling dirugikan oleh penalti. Pada musim 2016/2017 lalu, tim yang masih dihuni oleh Andy Robertson ini kebobolan 13 gol dari eksekusi penalti.

‘Penalty stopper’ paling kokoh

Penggemar sepak bola dan timnas Inggris jadul pasti gak bakal lupa sama kiper legendaris satu ini. Pria kelahiran Inggris asli ini berhasil mendapat status legenda di tanah sendiri. Dirinya juga adalah pemain paling kokoh dalam hal menghentikan tendangan penalti.

Sepanjang karirnya di Premier League, David James berhasil menghentikan 13 tendangan penalti yang diarahkan kepadanya.

Penembak paling jitu

Meski kelihatannya mudah, mengeksekusi tendangan penalti bukanlah hal yang enteng. Para pemain yang ditunjuk sebagai eksekutor sering berada dalam tekanan yang luar biasa secara mental.

Premier League punya banyak eksekutor penalti yang sangat mumpuni. Salah satunya adalah Alan Shearer. Legenda Newcastle United yang juga merupakan top scorer sepanjang masa Liga Inggris ini juga pemilik gol penalti terbanyak dalam sejarah Premier League. Sepanjang karirnya, Shearer udah mencetak 56 gol penalti ke gawang lawan.

Siapa nih jagoan lo kalau udah dihadapkan pada situasi eksekusi tendangan dan menghalau penalti?