Belakangan ini penantian panjang dari para fans dan para penggiat industri otomotif akhirnya terbayar juga dengan mulai beroperasinya Sirkuit Mandalika—sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Instansi pengurus dan pemerintah juga nggak tanggung-tanggung dalam menggarap potensi sirkuit yang berlatar belakang keindahan alam yang paten ini, gengs.banner-ads

Area sekeliling sirkuit yang merupakan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) ini juga udah jadi prioritas pemerintah dan mulai menarik minat investasi pembangunan destinasi wisata Mandalika tersebut. Hal itu juga udah kebukti dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan balap bergengsi dunia seperti World Superbike dan MotoGP gengs!

Tapi emangnya gimana sih kualitas Sirkuit Mandalika itu sendiri? Emang karakter bagian-bagian tikungannya kayak gimana? 

Baca Juga: Fakta MotoGP Mandalika, Sirkuit dengan Pesona Alam Lombok



Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus lo tahu tentang spot-spot yang kemungkinan bisa melahirkan momen-momen balapan yang ciamik di sirkuit ini. 

1. Start lurus panjang

Dari mulai garis start, terdapat jalan lurus (straight line) yang membentang sampai 800 meter. Tapi setelah tancap gas di situ, pembalap harus siap untuk menghadapi tikungan selanjutnya yaitu tikungan pertama.

2. Tikungan ganda mirip lintasan Sirkuit Sentul

Setelah tikungan pertama, bakal ada lintasan menuju tikungan ganda yang lumayan mirip dengan lintasan Sirkuit Sentul gengs! Tikungan 2 dan 3 ini mirip huruf S baik yang kecil dan yang besar.


​​​​​​​
3. Tikungan 10 paling menantang

Katanya, tikungan ini adalah tikungan paling menantang gengs di Sirkuit Mandalika. Karena adanya speed trap dan belokan yang cukup patah dan run-off yang cukup besar, gengs!

4. Tikungan 15 paling banyak drama

Tikungan 15 ini katanya tricky banget, gengs. Karena doi berbentuk corner yang panjang banget! Jadi nggak heran kalo ntar bakal ada hal-hal menarik kejadian di sini!

Desain sirkuit yang menarik ini emang dinilai bisa menampilkan balapan yang nggak kalah saing dengan sirkuit-sirkuit internasional di luar negeri. Nah, mumpung masih ada waktu sebelum gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika pada bulan Maret nanti, kali aja lo bisa ngebayang-bayangin rasanya balapan di situ dengan memperhatikan tikungan-tikungan seru tadi gengs!