Bolanews.com --- Setelah Brasil sukses menyelenggarakan Piala Dunia 2014, pesta sepak bola empat tahunan itu akan dimainkan di Rusia pada 2018 mendatang. FIFA akan melakukan peninjauan awal pada September mendatang.

banner-ads

Untuk menjadi tuan rumah yang baik, Rusia telah menyiapkan diri jauh-jauh hari. Kabarnya, mereka juga telah menyiapkan dana sekitar 19,5 miliar dolar AS (sekitar 216 triliun rupiah) buat persiapan Piala Dunia 2018.

Sebagian besar uang tersebut akan digunakan untuk membangun 12 stadion dan infrastruktur lainnya di 11 kota tuan rumah. Namun, Presiden FIFA Sepp Blatter menilai 12 stadion terlalu banyak dalam sebuah Piala Dunia.

Dalam rencana kunjungannya pada September mendatang, Blatter berencana meninjau apakah 12 stadion cukup pantas untuk sebuah Piala Dunia. Ia berniat menguranginya menjadi 10 stadion saja.

"FIFA mulai melihat kesiapan Piala Dunia 2018 dan akan berdiskuis untuk menentukan sejumlah hal, termasuk jumlah stadion yang akan dipakai," kata Blatter.

Kota-kota yang rencananya menjadi tuan rumah adalah Kaliningrad, Kazan, Moskva, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Saint Petersburg, Samara, Saransk, Sochi, Volgograd, dan Yekaterinburg.

RT TV melaporkan bahwa setengah dari anggaran didanai bank federal, sementara separuh lainnya dari investor. Pada bulan Januari lalu, Rusia telah menyelesaikan pembangunan dua stadion Piala Dunia: di Kazan dan Sochi.