Dalam sebuah tim, kiper itu emang jadi sosok sentral, apalagi buat beberapa klub besar Eropa sekarang ini. Pentingnya seorang kiper membuat klub harus cerdas memilih kiper baru atau mempertahankan kipernya. Soalnya, semakin jago itu kiper, maka banyak klub yang melirik untuk membelinya.

banner-ads

Enggak cuma itu, performa sang kiper juga jadi pengaruh penting loh dalam harga pasarnya, seperti tiga kiper top Eropa di bawah ini.

 

Ederson Moraes (+ 54 juta euro)

Gokil! Kiper Top Eropa Ini Harganya Selangit

Kiper utama Manchester City musim 2017-2018 ini hanya kebobolan 20 gol di Liga Champions dan berhasil catatkan 15 clean sheet. Nah, performa apiknya itu membuat Moraes dilirik Barcelona. Diperkirakan, Moraes mempunyai harga pasar mencapai 99 juta euro atau mencapai 1,68 triliun rupiah.

 

Jan Oblak (+ 65 juta euro)

Gokil! Kiper Top Eropa Ini Harganya Selangit

Jan Oblak sekarang jadi kiper kelas atas dengan performa yang apik sekaligus membawa Atletico Madrid pepet Barcelona di musim ini. Bayangin aja, selama 29 pertandingan di Liga Spanyol, hanya 14 gol yang bisa bobol gawang Oblak dengan catatan clean sheet di 18 pertandingan. Jadi jangan heran kalo kiper incaran Liverpool dan Arsenal ini sekarang diperkirakan memiliki harga pasar mencapai 81 juta euro atau 1,37 triliun rupiah.

 

Marc-Andre Ter Stegen (+ 83 juta euro)

Gokil! Kiper Top Eropa Ini Harganya Selangit

Kiper Barcelona ini telah catatkan 23 clean sheet dari 36 penampilannya untuk Barcelona musim ini di Liga Spanyol dan Liga Champions. Harga pasar kiper ini kini mencapai 95 juta euro atau 1,61 triliun rupiah.