Tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa terlihat dipasang sebuah plat baja pada bagian fairing kedua sisinya. Ya, instrumen itu sama seperti milik Ducati dan Yamaha.
 
Aerodynamic ‎Winglet itu memang dianggap Ducati, pabrikan yang pertama kali memakainya sebagai penyeimbang motor. Benar saja, musim lalu mereka menyebut Desmosedici GP16 semakin mudah dikendarai.
 
 
‎Itu alasan Ducati, sama hal dengan Yamaha yang menganggap tambahan plat itu untuk membuat motor lebih cepat di tikungan. Tapi salah satu ridernya, Valentino Rossi sempat mengkritik kebijakan itu karena dianggap tak punya pengaruh banyak.
 
Sebenarnya, teknologi itu dianggap Rossi ketinggalan zaman. Sudah beberapa dekade silam, tunggangan MotoGP sudah tak memakai winglet itu lagi. Tapi kini justru semakin marak, termasuk Honda yang juga memakainya.
 
Honda menambahkan instrumen itu untuk memberikan tekanan pada bagian depan motornya. Tambahan plat itu disebut bisa mengurangi kelemahan ban Michelin yang tak memiliki ban depan mumpuni.
 
banner-ads