Bunyi krik yang kedengeran dari hub memang memanjakan telinga buat sebagian pesepeda. Kalau dibandingkan, hub yang ada bunyinya dengan yang silent pasti beda rasa bawanya.banner-ads

Pesepeda yang punya hub model ini juga menganggap bunyi jangkrik bisa buat ngedongkrak gengsi.

Baca Juga: Pilihan Pedal Cleat Buat Sepeda Gravel



Tapi kayaknya itu satu-satunya fungsi bunyi jangkrik di hub sepeda, yaitu bisa memuaskan hati. Nggak perlu disangkal lagi. Bahkan banyak kok pesepeda rela merogoh kocek lebih demi bisa punya hub yang suara jangkriknya keras.

Nggak cuma itu, ada juga yang DIY bikin suara jangkrik jauh lebih keras dengan budget terbatas. Mereka biasanya mengganti ring yang ada di dalam hub jadi lebih nyaring, atau ada juga yang nyebut level ini seperti suara tawon.

Ring itu kemudian bakal menekan besi penahan hub yang berjumlah 3 dengan lebih kuat. Pantulan yang lebih cepat dan keras yang dihasilkan dari ring itu bisa bikin suara jangkrik makin kencang.

Jadi, nggak perlu upgrade buat punya suara jangkrik di hub. Selama hub lo adalah tipe cassette atau slop, cara ini bisa bikin lo seperti peternak jangkrik.



Fungsi lainnya, suara jangkrik juga bisa membuat orang di sekitar lo bisa lebih waspada. Seenggaknya mereka tahu ada sepeda yang bakal melintas.