Usai Piala Dunia bukan berarti usai tugas para pemain sepakbola kelas dunia itu di lapangan hijau. Masih ada liga-liga yang menunggu kehadiran mereka membela klub masing-masing di lapangan hijau.

Nah untuk menghargai kerja keras mereka di musim 2013/2014, UEFA udah memilih 10 calon pemain terbaik yang akan meraih gelar bergengsi di dunia sepakbola Benua Eropa selain gelar FIFA. Adapun gelar ini sendiri digagas UEFA sejak 2011 buat menggantikan Ballon d'Or yang disatukan dengan Pemain Terbaik FIFA.

Kriteria pemberian award adalah pemain dengan performa terbaik untuk sebuah klub sepakbola di kawasan Benua Eropa selama musim pertandingan tertentu.

Tiga penghargaan UEFA sebelumnya dimenangkan oleh Messi (2010/11), Andres Iniesta (2011/12), dan Franck Ribery (2012/13).

Namun dalam daftar UEFA kali ini ada beberapa nama beken yang tampil hebat musim lalu tapi gak masuk kandidat, seperti Zlatan Ibrahimvic (Paris Saint-Germain) dan Gareth Bale (Madrid).

UEFA akan mengumumkan nama pemenang tahun ini pada acara seremoni undian babak grup Liga Champions pada tanggal 28 Agustus 2014. Berikut daftar nama kandidat Penghargaan UEFA:

 

Nama

Asal Klub

Negara

Diego Costa

Atletico Madrid

Spanyol

Angel di Maria

Real Madrid

Argentina

James Rodriguez

AS Monaco

Kolombia

Philipp Lahm

Bayern Munich

Jerman

Lionel Messi

Barcelona

Argentina

Thomas Muller

Bayern Munich

Jerman

Manuel Neuer

Bayern Munich

Jerman

Arjen Robben

Bayern Munich

Belanda

Cristiano Ronaldo

Real Madrid

Portugal

Luis Suarez

Liverpool

Uruguay

 

Sumber: goal.com