Untuk bisa bersaing di MotoGP, pebalap tidak hanya membutuhkan motor yang kencang dan ban yang menggigit. Kemampuan fisik pebalap juga menjadi faktor yang sangat penting.

banner-ads

Buat berada di level teratas, Marc Marquez melengkapi hari demi hari dengan tabel diet dan olahraga. Tak cuma sembarang diet, tapi ada list yang dipelajari dengan baik.

Apa saja sih yang dilakukan Marquez untuk menjaga kondisi fisiknya?

Baca Juga: Marc Marquez Dipastikan Comeback di MotoGP Portugal

1. Latihan fisik

Fisik adalah salah satu variabel terpenting buat setiap pembalap internasional. Terlebih selama pramusim, tak terkecuali buat Marc Marquez yang beristirahat dari balapan.

Di pramusim, para pembalap Repsol Honda terbiasa dengan kombinasi berbagai disiplin ilmu olahraga. Rutinitas itu termasuk berlari, motocross, dan bahkan aquatic sport, sebelum kejuaraan dimulai.

Idenya adalah untuk menjaga bentuk tubuh dan memperkuat daya saing rider. Tentu saja, sisi psikologis sangat penting dalam olahraga individu dan itulah mengapa mereka juga terus berusaha.

2. Sebelum dan Sesudah Setiap Grand Prix

Momen sebelum dan sesudah balapan adalah kuncinya. Pada fase ini, jenis latihan dan perawatannya sangat berbeda.

Jika kita menganalisis waktu sebelum setiap Grand Prix, normalnya melakukan serangkaian peregangan sendi serta peregangan dengan bantuan dan isometrik.

Setelah balapan, staf medis mengevaluasi setiap anggota Tim Repsol Honda secara individu dan memastikan bahwa mereka tidak cedera. Untuk pemulihan yang lebih baik, mereka biasanya memberikan pijatan setelah jumlah tenaga yang dikeluarkan setiap balapan.

3. Nutrisi

Nutrisi merupakan pelengkap dari sisi fisik. Pola makan yang seimbang membantu pemulihan yang cepat dan memungkinkan atlet berada di level teratas tepat waktu untuk mengikuti sesi latihan atau balapan lainnya.

Mengenai jenis nutrisinya, karbohidrat yang paling menonjol. Di malam hari, pola makan diperkuat dengan makanan kaya protein yang dipadukan dengan buah dan sayur.

Rider Honda juga harus tetap terhidrasi dengan air atau minuman isotonik sebelum setiap Grand Prix. Fungsinya untuk tetap kuat meski balapan terpapar suhu yang sangat tinggi.