Setelah melalui pertemuan, para petinggi MotoGP dan federasi olahraga memutuskan regulasi untuk MotoGP 2016. Apa saja?
Pertama dari ban. Michelin sebagai produsen utama pemasok ban memberikan 22 ban kepada setiap pembalap untuk satu musim.
Di antaranya, 10 ban depan dan 12 ban belakang dengan alokasi maksimal 7 ban basah. Pembalap juga punya pilihan ban intermediate maksimum 3 ban depan dan 3 ban belakang.
Sementara aturan pemakaian mesin disetujui bahwa pabrikan hanya dapat melakukan homologasi pada tiga spesifikasi mesin berbeda.
Sebelum seri pertama digelar, pembalap harus menominasikan satu mesin homologasi dan dia wajib memakai mesin itu hingga akhir musim. Jika di tengah perjalanan stok mesin habis, mereka bisa meminta mesin baru kepada penyelenggara akan tetapi mendapat hukuman start di posisi buncit.
Tahun lalu, Ducati dapat keistimewaan atau konsesi soal mesin. Mereka bisa memakai hampir 20 mesin dalam satu musim. Tapi kini semua konsesi itu hilang, kecuali untuk Suzuki dan Aprilia.
Tapi saat ini, Ducati masih punya empat tim satelit, sehingga mereka juga bisa menghomologasi 4 jenis mesin secara keseluruhan. Unggul satu mesin dibanding tim pabrikan lain.