Stadion enggak bisa lepas dari dunia sepak bola walaupun stadion juga banyak dimanfaatkan buat kegiatan olahraga lainnya. Banyak banget stadion di Indonesia yang punya kenangan dan sejarahnya masing-masing.

banner-ads

Enggak cuma itu, ada juga stadion yang didirkan sebelum Indonesia merdeka dan sampai saat ini masih digunakan. Nah, di bawah ini ada 5 stadion yang masih dipakai untuk pertandingan sepak bola.

 

Stadion Gajayana, Malang

 

gajayana

 

Stadion kebanggan arek Ngalam (Anak Malang) ini udah berdiri sebelum Indonesia merdeka loh. Stadion ini merupakan warisan zaman Belanda yang didirkan pada tahun 1924.

 

Stadion 10 November, Surabaya    

 

10 november

 

Stadion yang lebih dikenal dengan nama Tambaksari ini merupakan kebanggaan arek Suroboyo. Sampai saat ini stadion ini masih dipakai untuk latihan sepak bola. Ada yang unik di stadion yang didirkan pada tahun 1951 ini, yaitu ada beberapa pohon besar yang tumbuh di antara tribun penonton.

 

Stadion Teladan, Medan

 

teladan

 

Stadion yang didirikan pada tahun 1951 ini, terkenal banget oleh masyarakat kota Medan. Ya gimana enggak, soalnya stadion ini merupakan kandang dari klub sepak bola PSMS Medan.

 

Stadion Siliwangi, Bandung      

 

siliwangi

 

Stadion yang didirikan pada tahun 1954 ini punya sejarah panjang dengan tim Persib Bandung. Stadion ini juga sangat berarti bagi para Bobotoh. Sampai-sampai ada ungkapan "Jangan merasa sudah menjadi Bobotoh kalau belum pernah nonton Persib di Stadion Siliwangi".

 

Stadion Mattoangin, Makassar

 

matoangin

 

Stadion Mattoangin atau stadion Andi Mattalatta didirkan pada tahun 1955. Nah, stadion ini merupakan kandang dari klub PSM Makassar.