Ini buat lo yang punya Fixie tapi mulai jenuh dengan tampilan yang itu-itu saja. Tenang, sepeda lo bisa keren juga dengan tampilan lain.banner-ads

Nggak perlu mengubah gaya dari Fixie urban jauh sampai ke Gravel. Tapi dengan sedikit ubahan sepeda lo bisa langsung berubah plus bisa juga melibas gravel ringan.

Caranya lo tinggal mengubah wheelset menjadi ukuran yang lebih kecil. Cara ini dipakai biar ban yang lo gunakan nanti bisa jauh lebih tebal.

Baca Juga: Dropper Seatpost Biar Sadel Naik-Turun Minim Effort





Sebenarnya lo juga bisa menggunakan wheelset ukuran 700C yang biasa ditempel di Fixie. Tapi ukuran ban yang paling besar mungkin hanya di angka 700C X 26.

Setelah ini pasti banyak pertanyaan soal aerodinamika yang buruk dari ban tebal dibandingkan ban tipis khas Fixie. Sebenarnya, selama lo kombinasikan ban yang tebal dan lebarnya sama dengan rims juga bisa membelah angin dengan baik.

Jangan lupa juga, 70-80 persen tahanan angin yang utama saat bersepeda adalah dari bada pesepeda itu sendiri, bukan dari ban atau bahkan frame.



Lalu bagaimana dengan bobot yang bertambah? Selisih ban tipis dengan yang tebal nggak jauh-jauh amat. Keduanya mungkin cuma berbeda 30-50 gram.

Nah, tapi ada satu lagi yang harus lo perhatikan. Kalau sudah mengganti ban yang lebih tebal untuk Fixie, perhatikan juga komposisi sepeda. Biasanya bagian kemudi Fixie lebih kurus dengan menggunakan dropbar.

Lo bisa menggantinya dengan diameter yang lebih tebal buat menyesuaikan si ban tadi. Riser bar, fatbar atau bahkan sepeda BMX bisa lo jadikan opsi untuk modifikasi ini.