Kerusakan rem Maverick Vinales di GP Styria karena pilihan spesifikasi rem yang salah meskipun ada saran yang jelas dari Brembo. Faktor-faktor seperti massa bahan bakar, slipstream, dan cengkeraman ban memiliki pengaruh besar pada energi dan suhu pengereman saat balapan.banner-ads

Pembalap Monster Yamaha mulai kehilangan tekanan rem sejak 'lap 3 atau 4', akhirnya tergelincir kembali ke posisi 13. Vinales kemudian mulai mendapatkan kembali kecepatannya, tetapi tiba-tiba melompat dari M1 dengan kecepatan 230 km / jam saat mendekati belokan pertama pada lap 17 dari 28.

"Saya mulai kehilangan tekanan rem depan. Saya membuat tiga lap sangat lambat, lalu saya mendorong lagi, lalu tanpa rem lagi. Kemudian saya banyak memulihkan waktu dari Valentino dan Fabio dan tiba-tiba, di Turn 1, remnya meledak," kata Vinales.

"Saya pikir bagian-bagiannya hilang saat menginjak rem, jadi saya tetap tanpa rem. Saya mengerti betul bahwa remnya rusak atau semacamnya, jadi saya memutuskan untuk melompat."

Tapi Brembo bersikukuh mereka tidak memiliki masalah atau anomali terkait rem yang digunakan selama balapan. Dengan kata lain, Brembo meyakini kecelakaan itu bukan karena komponen yang rusak, pemasangan yang salah, atau performa bagian yang buruk, melainkan karena pemilihan spesifikasi rem yang salah untuk kondisi yang dialami Vinales di balapan.



Direktur tim Yamaha Massimo Meregalli mengonfirmasi bahwa, sementara sesama pembalap M1 Valentino Rossi, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli semuanya beralih ke rem spesifikasi 2020 untuk balapan di Red Bull Ring kedua, setelah masalah overheating pada awalnya, Vinales tetap menggunakan versi 2019.

"Apa yang terjadi pada Maverick bukanlah sesuatu yang bisa kami harapkan," kata Meregalli di situs resmi MotoGP.

"Kami memilih menggunakan sistem rem standar 2019. Brembo membawa evolusi 2020 dan Valentino, Fabio, dan Franco menggunakan sistem ini. Maverick tidak, karena Maverick tidak pernah mengalami suhu yang sangat tinggi seperti yang diderita orang lain akhir pekan lalu dan juga ketika dia mencoba sistem baru, dia tidak memiliki perasaan yang dia cari."

Musim MotoGP 2020 telah melihat pengenalan resmi kaliper rem depan GP4 baru Brembo, yang langsung dikenali dengan penambahan sirip pendingin eksternal. Sebuah solusi yang memastikan pendinginan kaliper lebih baik dan lebih cepat.

Menurut Brembo, rem spek 2020 digunakan oleh 'Ducati, Pramac, Yamaha (kecuali Maverick Vinales), Petronas, Honda, LCR dan Suzuki' untuk balapan Styrian, sementara tim lain menjalankan spek 2019.