Kepindahan Jurgen Klopp ke Liverpool pada tahun 2015 lalu dinanti oleh banyak orang, terlebih para penggemarnya. Klopp adalah orang yang sempat berhasil mematahkan dominasi Bayern Munchen di Bundesliga dan membawa Borussia Dortmund juara dua kali berturut-turut.

banner-ads

Dalam rentang waktu hampir 5 tahun di Anfield, udah banyak banget perubahan yang dibawa oleh Klopp buat Liverpool. Dirinya berhasil mengubah Liverpool dari sebatas tim pengisi liga malam Jum’at menjadi tim terbaik di dunia.

Sekarang, mereka sedang dalam perjalanan yang mulus untuk meraih gelar Premier League pertama mereka dalam sejarah. Sebelumnya juga Klopp membawa Liverpool juara Liga Champions. Di antara semua perubahan yang dibawanya, salah satu aspek yang menarik adalah bagaimana dirinya mengubah nilai para pemain dan tim secara keseluruhan.

Saat pertama datang ke Liverpool, total nilai squad yang dimiliki oleh Liverpool adalah sebesar 360 juta pounds. Kini, setelah rentang waktu 5 tahun nilai keseluruhan squad yang dimilikinya berkisar di angka 1,83 miliar pounds. Angka yang sangat besar dimana dirinya berhasil menaikkan nilai jual skuad yang dimilikinya hampir sebesar 5 kali lipat.

Sebut saja penjualan Philippe Coutinho yang memberikan Liverpool dana besar untuk memboyong Van Dijk dan Alisson Becker. Kedua pemain tersebut jadi jantung pertahanan The Reds dalam perjalanannya jadi tim terbaik di dunia. Lalu, trio penyerang mereka yang mematikan, semuanya dibeli dengan harga di bawah 40 juta pounds.

Taktik dalam kepelatihannya juga berhasil mengubah Andy Robertson yang seharga 8 juta pounds dan Alexander Arnold sebagai lulusan akademi jadi duet full back yang bikin banyak tim besar iri.

Jordan Henderson, sosok yang sering jadi bahan ledekan bahkan oleh fans sendiri kini berubah total jadi sosok inspirasional sebagai jenderal lapangan tengah Liverpool. 

Untuk melindungi aset yang dimilikinya, belum lama ini Klopp menyatakan bahwa dirinya bakal menolak semua tawaran yang masuk untuk pemain Liverpool. Gak heran sih Bro, soalnya skuad Liverpool yang ada sekarang terlihat sangat padu satu sama lain.

Kira-kira, dengan keadaan squad seperti ini, apakah Liverpool akhirnya mampu untuk meraih gelar Premier League pertama mereka akhir musim nanti?