Bolanews.com --- Kolombia mendapatkan tiga poin perdana di Piala Dunia 2014. Menghadapi Yunani di partai pertama Grup C, Sabtu (14/6), Tricolor menang 3-0.

banner-ads

Begitu wasit meniup peluit kick-off babak pertama, jual-beli serangan langsung tersaji. Pada menit kelima, Cristian Zapata coba mengancam gawang Yunani lewat tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola bisa diamankan kiper Orestis Karnezis.

Fan Kolombia di Estadio Mineirao Belo Horizonte bersorak kegirangan ketika Pablo Armero mencetak gol pembuka pada menit keenam. Ia berhasil menggetarkan gawang Karnezis setelah menyambar kiriman umpan mendatar dari sisi kiri pertahanan Yunani. Kolombia unggul 1-0.

Selepas gol pertama, Yunani coba meningkatkan intensitas serangan. Mereka beberapa kali coba mencari gol penyeimbang melalui umpan lambung.

Jose Holebas nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-27. Ia menanduk bola hasil tendangan bebas, tapi sundulannya melenceng di sisi gawang Kolombia.

Yunani kembali mengancam di menit ke-45. Panagia Kone melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti, tapi bola bisa dihalau dengan sempurna oleh kiper Kolombia. Alhasil, skor 1-0 untuk Kolombia menutup babak pertama.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-49, James Rodriguez menerobos masuk ke kotak penalti Yunani dan melepaskan tendangan kaki kiri, namun bola mampu diblok Karnezis.

Gol kedua Kolombia akhirnya tercipta di menit ke-58. Kali ini giliran Teofilo Guttierrez yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari situasi sepak pojok, striker River Plate itu menyontek bola di mulut gawang.

Unggul dua gol tak membuat pasukan Jose Pekerman mengendurkan serangan. Mereka terus menekan pertahanan Yunani untuk memperlebar selisih angka.

Kubu seberang tak tinggal diam begitu saja. Pada menit ke-70, para pemain Yunani melakukan operan-operan pendek di luar kotak penalti Kolombia yang kemudian diakhiri tendangan Mitroglou, tapi bola tak masuk ke gawang karena mengenai tangan kiper.

Yunani mengencangkan serangan di menit-menit jelang akhir pertandingan. Akan tetapi, Dewi Fortuna belum berpihak kepada tim arahan Fernando Santos. Segala peluang yang mereka dapatkan selalu gagal membuahkan gol, termasuk tendangan Samaras yang masih melenceng di menit ke-85.

Alih-alih memangkas selisih angka, Yunani justru kembali kebobolan. James Rodriguez mencetak gol di masa injury time untuk membuat Kolombia memimpin 3-0. Tak lama kemudian, terdengan peluit panjang tanda akhir pertandingan. Kolombia mendapat tiga poin.

Kolombia: OSPINA (GK), ZAPATA, YEPES (C), SANCHEZ, ARMERO, AGUILAR, TEO, JAMES, CUADRADO, IBARBO, ZUNIGA

Yunani: KARNEZIS (GK), MANIATIS, MANOLAS, SAMARAS, KONE, SALPINGIDIS, TOROSIDIS, GEKAS, SOKRATIS, CHOLEVAS, KATSOURANIS (C)

Statistik

Penguasaan bola: Kolombia 46 - 54 Yunani
Serangan berbahaya: Kolombia 39 - 44 Yunani
Total tendangan: Kolombia 12 - 12 Yunani
Operan: Kolombia 285 - 346 Yunani
Kartu Kuning: Sanchez (Kolombia), Papastathopoulos (Yunani), Salpingidis (Yunani)
Kartu Merah: -