Ada banyak resep umur panjang yang mungkin loe baca di internet, yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tapi ternyata ada cara yang simpel yang bisa loe lakukan setiap hari untuk bisa berumur panjang bro.

Para peneliti Iowa State University mengungkapkan bahwa berlari minimal satu jam, sekali seminggu, bisa meningkatkan harapan hidup. Yang seru dari penelitian ini adalah bahwa loe hanya perlu berlari aja.



Maksudnya, nggak peduli seberapa lama loe berlari atau seberapa jauh jarak yang loe tempuh efeknya akan sama. Yang penting di sini loe menggunakan otot-otot di tubuh loe saat berlari.

Para peneliti ini mendapatkan fakta bahwa berlari minimal satu kali seminggu bisa menurunkan risiko kematian. Nggak main-main, risiko kematian dengan berlari bisa berkurang hingga 40 persen bro.



Jenis olahraga lain juga ternyata punya efek yang sama. Seperti berjalan dan bersepeda misalnya. Kedua aktivitas ini bisa menurunkan risiko kematian dini hingga 12 persen.

Sayangnya, kenapa berlari bisa memperpanjang usia seseorang belum jelas alasannya kenapa. Namun bisa jadi karena olahraga ini bisa melawan faktor umum kematian dini seperti tekanan darah tinggi dan obesitas.

banner-ads