Ada banyak banget mitos seputar dunia pergowesan. Beberapa di antaranya mungkin juga lo lakuin setiap bersepeda.banner-ads

1. Posisi Aero



Ada mitos yang nyebut kalau semakin bungkuk berarti semakin aerodinamis. Logikanya memang benar, hambatan angin bakal berkurang dan lo bisa lebih cepat.

Tapi faktanya, posisi bungkuk yang berlebihan nggak bikin power jadi maksimal. Ya sama aja bohong. Yang harus diingat, kenyamanan dan endurance adalah itu penting.

2. Ban Tipis



Ban yang tipis bisa menambah speed juga jadi mitos. Soalnya secara logika semakin kecil gesekan antara ban dan permukaan tanah atau aspal, semakin ngebut.

Faktanya ban yang lebar bisa mendistribusikan tenaga lebih banyak. Cuma mungkin lo akan terasa lebih capek.

3. Umur Helm



Kalau helm belum rusak, biasanya nggak akan diganti. Ini sih beneran mitos.

Seharusnya lo mengganti helm setiap 4 sampai 5 tahun sekali. Ini rekomendasi dari produsen helmnya. Soalnya sinar matahari dan air mengurangi kualitas helm.

4. Bentuk Tubuh



Ada mitos yang nyebut kalau bersepeda terlalu sering bisa bikin paha dan betis lo jadi seperti pembalap sepeda profesional.

Faktanya bersepeda memang bisa mengencangkan otot kaki dan bikin kaki jadi lebih kuat, bukan jadi besar.

5. Minum Air



Ada juga mitos yang mengatakan minum air yang banyak bisa bikin performa maksimal.

Faktanya, banyak minum air tapi minim asupan elektrolit bisa mempengaruhi keseimbangan cairan di tubuh. Jadinya lo malah kembung, performa turun dan bisa bikin hyponatremia.

Minum air secukupnya aja, bro.