LAzone
gp cover
Sport

Mengapa Sirkuit Mandalika Dipilih untuk MotoGP?

  • 20 March 2019
  • 1583 views

Kawasan itu dianggap punya berbagai hal yang bisa menarik wisatawan.

LAZONE.ID -

Indonesia bakal menjadi salah satu tuan rumah untuk perhelatan MotoGP 2021. Mandalika adalah sirkuit jalan raya yang akan menggelar balapan motor kelas tertinggi di dunia itu.

Sirkuit ini berada di kawasan wisata yang mempunyai luas 1.035 hektar di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Kawasan itu tentu saja mengedepankan pariwisata dengan kehadiran hotel dan berbagai fasilitas lainnya.

Mandalika dipilih untuk pembangunan sirkuit kelas dunia karena ada berbagai hal yang bisa ditawarkan. Lokasi itu termasuk memiliki lokasi yang sempurna untuk wisata.



Ada beberapa fakta soal sirkuit yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat:

1. Pembangunan Sirkuit

Sirkuit itu dibangun oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). ITDC bekerjasama dengan anak perusahaan konstruksi Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP).

2. Pembangunan Dimulai Oktober

Pembangunan sirkuit diperkirakan memakan waktu 6-9 bulan. Selain itu mereka juga membuat badan jalan yang disebut bakal menyiapkan sebuah terowongan. Setelah pengujian, balapan pun akan diputuskan di bulan Maret atau Oktober 2021.

3. Biaya Pembangunan

Sirkuit Mandalika membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun dengan bentuk sirkuit jalan raya sepanjang 4,32 kilometer. Sirkuit ini akan dibangun di atas lahan seluas 160 hektare.

tags : Lombok Moto GP

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...