Mengenal Sejarah Esport di Dunia

LAZONE.ID - Siapa sangka Esport ternyata sudah ada sejak tahun 1972 lalu

Menjadi atlet games adalah impian bagi seluruh pria, bagaimana tidak, kita bisa bebas bermain game dan dibayar serta mendapatkan hadiah yang sangat menggiurkan. Hal ini membuat perkembangan Esport di seluruh dunia menjadi kian pesat.

Beragam jenis game pun mulai dipertandingkan dan masuk dalam kategori Esport, mulai dari MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), RTS (Real-Time Strategy), hingga Fighting. Lantas sejak kapan Esport mulai ada?

Pada Oktober 1972, 24 orang siswa bertanding dalam sebuah game bertajuk 'Spacewar'. Hal itupun menjadi tonggak awal pertandingan Esport yang pertama dicatat dalam sejarah. Juara dalam kompetisi tersebut mendapatkan hadiah langganan majalah Rolling Stone gratis selama setahun.

Mengenal Sejarah Esport di Dunia

Setahun kemudian muncul pertandingan dalam skala yang lebih besar yang didapuk oleh Atari. Mereka mempertandingkan game 'Space Invader' yang diikuti oleh 10 ribu pemain dan hanya ada satu pemenang saja. Dan hal itu menjadi awal mula pertandingan yang digelar oleh Atari.

14 tahun kemudian muncul pertandingan dalam konsep yang berbeda, hal itu dimulai dengan game FPS (First Person Shooter) yakni 'Quake'. Turnamen itu digelar oleh Red Annihilation pada tahun 1997 lalu di mana pemenangnya dihadiahi sebuah mobil Ferrari.

Kini game semakin beragam dan salah satu yang tengah populer adalah PUBG (Player Unknown Battle Ground). Game tersebut berhasil meruntuhkan tahta DOTA 2 hingga Call of Duty yang bertahan selama bertahun-tahun.