PSSI mengangkat Shin Tae-yong sebagai juru taktik baru timnas Indonesia. Baru-baru ini, ia resmi diperkenalkan sebagai pelatih sah Evan Dimas Cs.banner-ads

Shin Tae-yong yang merupakan eks juru taktik timnas Korea Selatan itu mendadak bikin publik banyak mencari tahu tentangnya di internet.

Setelah menegosiasi ulang Luis Milla dan kabar sampai mengontak Ruud Gullit sebagaimana yang diakui Ketum PSSI, Iwan Bule, nama mengerucut ke Shin Tae-yong.

Ada yang unik dari sesi perkenalan resminya, PSSI menutupi kontrak dan nilai perjanjian gaji Shin Tae-yong.



Tapi PSSI berjanji dan sesumbar bahwa perkara macam penunggakkan gaji Luis Milla takkan terjadi lagi ke depan.

Lahir di Korsel, Shin Tae-yong memang berjodoh dengan olahraga. Ia menjadi pemain profesional di negaranya dan bahkan sampai merantau ke Queensland Roar/Brisbane Roar.

Di klub Australia itu, Shin pensiun. Di klub itu pula ia memakai pertama kali lisensi melatihnya.

Ia menjadi asisten manajer itu untuk beberapa saat. Ia lalu balik ke negaranya dan melatih tim yang ia pernah bela,  Seoungnam Ilhwa.

Sejak itu, ia loncat ke tubuh timnas Korsel. Singkat cerita, Shin Tae-yong dalam kariernya membuat perubahan besar dalam timnas Korsel yang kala itu kurang mengkilap.

Ia kemudian berhasil membawa Son Heung-min Cs ke Piala Dunia 2018 kemarin di Rusia. Meski gagal lolos, mereka bisa bikin tim-tim dunia kewalahan.

Terbaiknya, Shin bikin Timnas Jerman yang berstatus jawara Piala Dunia sebelumnya pulang kampung karena dibikin keok 2-0 di penyisihan grup F.

Kini tugas berat ada di pundak Shin Tee-yong yang bermisi membangkitkan Garuda lagi selepas sentuhan pelatih Simon McMenemy.