Akhirnya, kabar transfer Takumi Minamino dari RB Salzburg rampung juga. Belum lama ini Liverpool merampungkan transfer yang ada dan mengenalkan pemain asal Jepang ini ke publik Anfield. Takumi Minamino sendiri jadi pemain Asia pertama yang direkrut Liverpool.

banner-ads

Performanya di atas lapangan emang banyak menuai pujian. Di Liga Champions sendiri dirinya udah mencetak dua gol, yang salah satunya dicetak ke gawang Liverpool ketika Salzburg kalah 4-3 di Anfield. Minamino juga bikin 3 assist di UCL tapi gagal membawa timnya melaju ke babak 16 besar.

Masuknya gelandang serang tim nasional Jepang ini menimbulkan pertanyaan, bakal seperti apa formasi yang diterapkan oleh Liverpool nanti?

Sebenarnya, Minamino adalah salah satu pemain yang punya fleksibilitas tinggi kalau lo ngomongin perihal posisi bermain. Dirinya bisa bermain di banyak posisi termasuk jadi winger ketika menggunakan formasi 4-2-3-1.

Kalau Klopp mau menempatkan Minamino di posisi tersebut, berarti posisi Salah akan dipindahkan jadi target man di depan, seperti halnya dalam beberapa laga terakhir di mana Salah selalu jadi ujung tombak. Lalu Firmino akan digeser ke belakang Salah jadi playmaker atau gelandang serang.

Perkiraan lainnya adalah dengan mengorbankan posisi Firmino kepadanya. Posisi terbaik Minamino adalah menjadi seorang gelandang serang yang berada di belakang para striker. Ini membuat formasi Liverpool berubah jadi 4-1-3-2. Salah satu kemampuan terkuat Minamino di atas lapangan adalah membagi bola dan ikut “menyelinap” masuk ke kotak penalti.

Sayangnya dalam skema ini Firmino harus dikorbankan karena posisi dua penyerang akan lebih pas diperankan oleh duo Salah dan Mane. Ditambah, Minamino dinilai punya gaya bermain yang lebih agresif dan punya daya jelajah tinggi.

Kalau prediksi lo sendiri, gimana jadinya formasi Liverpool kalau Minamino masuk ke skuad utama Liverpool nanti?