Sesuai dengan namanya, MTB atau Mountain Bike adalah sepeda yang didesain buat pegunungan. Minimal, sepeda ini adalah jagonya melibas jalan tanah.banner-ads

Tapi kadang mungkin ada kalanya lo pengen juga menikmati suasana baru dengan gowes di atas aspal. Biar tenaga yang lo keluarkan jauh lebih efisien, mungkin ada beberapa ubahan yang perlu lo lakukan.

Salah satu yang paling mungkin dilakukan ya mengganti ban dengan ban yang didesain khusus untuk aspal. Rekomendasi lainnya sih lo punya wheelset lainnya biar lebih gampang memakainya.

Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Fixie Tanpa Ban Tipis



Kalau pilihan kedua yang lo pilih, coba untuk memikirkan mengubah ukuran wheelset. Misalkan tadinya MTB yang lo pakai berukuran wheelset 27,5 atau 29, coba ubah menjadi 700C.



Biasanya sih frame dan fork sepeda MTB dengan ukuran 27,5 ke atas cukup untuk wheelset 700C. Jangan lupa juga menggunakan ban untuk aspal di wheelset ini.

Wheelset ukuran baru itu bakal memberikan pengalaman bersepeda yang berbeda pastinya. Gowes di atas aspal semakin ngebut deh.

Perubahan itu memang ada kelemahannya, salah satunya adalah saat melibas jalan yang kurang rata pasti akan lebih terasa. Tapi ini memang tipikal ban tipis atau yang didesain untuk aspal.



Tapi saat aspal yang halus ada di depan, lo bisa jauh lebih ngebut dibanding dengan sebelumnya.

Jangan lupa, kunci suspensi biar menjadi fork rigid biar makin maksimal di atas aspal.