Sebenarnya sih ada banyak genre modifikasi untuk sepeda lawas. Tapi itu juga tergantung frame sepeda yang ada.banner-ads

Untuk kasus yang satu ini, kita coba buat modifikasi sepeda Federal lama biar jago menempuh jarak jauh.

Pertama yang harus lo perhatikan sudah pasti struktur frame. Cat bukan masalah, tapi cek kondisinya, jika berkarat segera rapikan dengan amplas atau bahkan mengganti tube baru.

Setelah itu, baru masuk ke tahap finishing frame. Kalau lo nggak masalah dengan cat original yang mungkin sudah kusam, kita bisa lanjut ke langkah modifikasinya.



Sebagai sepeda touring, kaki-kaki yang kuat sudah nggak bisa ditawar. Karena lo nggak tahu medan yang akan dilalui seperti apa.

Sebaiknya ganti rims dan ban agar lebih aman. Pilih rims double wall biar bisa meredam panas dari velg ke ban. Untuk ukuran ban, disarankan sih lo pakai di atas 1.75 agar bisa menahan beban.

Setelah itu, lo bisa cek groupset. Kalau sprocket dan chainring masih bagus, mungkin lo harus mengganti rantai. Selain karena harganya yang nggak mahal, rantai sepeda yang sudah lama biasanya rentan dengan korosi yang bisa bikin putus kapan aja.



Cek juga kondisi shifter, RD dan FD. Setel ulang komponen ini biar bekerja dengan baik.

Sepeda dengan gaya touring biasanya menggunakan stang khusus. Yang paling banyak dipakai biasanya stang multibar alias stang butterfly. Untuk opsi lain, lo bisa pakai dropbar atau stang lain yang nyaman dan cocok untuk postur tubuh.

Lo juga wajib pilih sadel yang nyaman. Ada banyak brand dan model yang bisa lo pilih, mulai Specialized, WTB, San Marco sampai Brooks.

Touring identik dengan bawaan banyak. Agar lebih nyaman sebaiknya lo pakai rak di bagian depan atau belakang, boleh juga dua-duanya. Rak ini berguna untuk jadi pegangan tas dan bawaan lain selama perjalanan.



Selanjutnya lo juga bisa menambahkan fender. Part satu ini bukan cuma bisa meningkatkan ketampanan sepeda touring, tapi juga melindungi lo dan barang bawaan dari cipratan kotor yang berasal dari ban.