Mekanik perlu kerja keras karena kecepatan motor di MotoGP bisa menembus 350 km/jam. Bahkan, ada yang lebih di beberapa sirkuit. Itu bahaya banget!
Motor yang kini memakai mesin 1000cc itu merupakan monster. Itu sudah mencapai batas minimal sebuah pesawat untuk lepas landas, bro.
Marc Marquez dan beberapa rider lainnya juga mengeluhkan hal tersebut. Belum ada teknologi yang benar-benar bikin motor punya gaya downforce. Bukan tak mungkin, di beberapa sirkuit motor bisa terbang.
Motor yang kini memakai mesin 1000cc itu merupakan monster. Itu sudah mencapai batas minimal sebuah pesawat untuk lepas landas, bro.
Marc Marquez dan beberapa rider lainnya juga mengeluhkan hal tersebut. Belum ada teknologi yang benar-benar bikin motor punya gaya downforce. Bukan tak mungkin, di beberapa sirkuit motor bisa terbang.
Keluhan itu juga diungkapkan oleh desainer motor KTM MotoGP, Kurt Trieb. Menurutnya, sirkuit juga harus diubah seperti Mugello, Catalunya dan Austin. Tiga sirkuit itu disebut punya trek lurus yang sedikit menurun, itu bisa membuat motor anti wheelie.
"Di trek lurus Mugello, kecepatan motor prototipe MotoGP bisa melampaui 350 km/jam. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan semestinya ada pembatasan sesuai dengan aspirasi yang ada. Saya sendiri tidak senang dengan kekuatan dan kecepatan yang dimiliki motor protipe MotoGP sekarang,” tutur Kurt Trieb mengemukakan pendapatnya.
Trieb lantas berharap kapasitas motor diturunkan sampai 600cc. Paling tidak, peran ECU yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.
"Balapannya pasti akan menarik. Tapi jangan salah paham soal ini, saya senang merancang KTM RC16. Namun menurut saya, motor prototipe MotoGP saat ini mempunyai tenaga kuda terlalu banyak,” tukasnya.