Tahun ini hampir semua motor yang berlaga di kelas MotoGP menggunakan aerodynamic winglet. Perangkat berbentuk sayap pada kedua sisi fairing itu akhirnya kini dilarang penggunaannya.
Ducati menjadi tim yang pertamakalinya memakai winglet. Mereka menambah empat winglet pada Desmosedici GP16.
Tim asal Italia itu yakin dengan menambah part tersebut, motor menjadi lebih mudah dikendalikan. Mereka juga menyebut itu sebagai anti wheelie.
Ducati sukses, Yamaha mulai meniru. Disusul dengan Honda dan tim lainnya.
Akhirnya teknologi itu dilarang oleh penyelenggara. Beberapa petinggi grand prix tiba di Sirkuit Assen. Mereka khusus membicarakan isu tentang winglet.
Akhirnya diputuskan bahwa pada MotoGP 2017, winglet dilarang dipakai. Peraturan itu sebenarnya sudah diterapkan Dorna Sport pada kelas Moto2 dan Moto3.
Selain itu, isu kebisingan juga menjadi catatan utama pertemuan itu. Mulai musim depan, setiap mesin bakal melalui serangkaian pemeriksaan setiap serinya demi mengatasi kebisingan.