Walaupun jadul, frame lawas tetep keren buat lo pakai sekarang. Bahkan beberapa brand yang sudah nggak produksi sepeda lagi value framenya bisa naik drastis.banner-ads

Salah satunya adalah Peugeot Black Rock warna ungu yang satu ini. Awalnya ini adalah MTB dengan 7 x 3 percepatan. Nantinya bakal diubah menjadi Fixie yang bisa melibas semua medan.

Baca Juga: Cara Paling Aman Gembok Sepeda



Pertama yang harus lo lakuin adalah bongkar semua part yang nggak akan dipakai. Tapi sepertinya sih yang tersisa cuma frame, seatpost dan saddle doang nih.

Lo bisa mulai dengan melepas kedua wheelset. Bagian ini juga masih bisa lo gunakan nanti, kecuali ban dan gear belakang.

Setelah itu, lepas rantai. Kemudian jangan lupa juga melepas chainring, karena 3 speed di depan nggak ada fungsinya buat Fixie.

Kalau sudah, lo bisa naik ke bagian atas, lepas kabel-kabel rem dan shifter. Jangan lupa juga copot rem depan dan belakang. Kalau lo merasa terganggu dengan beberapa aksesoris seperti mata kucing, copot aja!



Terakhir, copot stang dan stem. Dua part itu sih sebaiknya diganti biar tampilan berubah.

Kalau yang satu ini sih opsional. Lo bisa ganti Bottom Bracket dari yang tadinya kotak menjadi Hollow Tech 2 biar lebih loncer. Tapi kalau nggak juga sah-sah aja.

Kalau sudah, yang pertama lo pasang adalah chainring. Setelah itu disusul dengan wheelset belakang. Jangan lupa buat ganti hub jadi fixed ya.

Buat di sepeda ini memakai hub dari Surly yang menggerakkan wheelset dan ban Maxxis dengan profil tebal. Penggeraknya menggunakan gear belakang rasio 15 T.



Selanjutnya lo bisa pasang ban depan dilanjutkan dengan wheelsetnya.

Sekarang lo bisa mulai pasang stem. Pilih stem yang lebih kekar, biar stang fatbar yang dipasang nggak kelihatan gendut sendirian.

Selesai! Kalau sudah begini, nggak ada lagi tuh ribet-ribet ngurusin RD atau tali rem.