Proses naturalisasi pemain Belanda berdarah Manado, Ezra Walian belum sepenuhnya sah. Karenanya Walian belum sah sebagai WNI.

Namun, hingga sekarang, Walian belum mengambil sumpah sebagai WNI. Ia masih ikut bersama para pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22.

Komisi X DPR RI telah menyetujui langkah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang ingin menaturalisasi Ezra Walian, pesepak bola asal Belanda berdarah Indonesia.



Setelah mengantongi persetujuan terkait naturalisasi, berkas Walian nantinya akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Di sana bomber gondrong ini akan diambil sumpah kewarganegaraannya.

"Tenggat waktunya hanya tiga bulan dari waktu pengesahan naturalisasi, terhitung pada 20 Maret kemarin. Harusnya PSSI bergerak cepat untuk segera melakukan prosesnya," ujar Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto dirangkum beragam sumber

"Menpora sendiri sudah memberikan tenggat waktu kepada PSSI untuk segera memproses pengambilan sumpah Ezra, saat ini masih kami maklumi sebab masih tergabung dalam pemusatan latihan (bersama Timnas), tapi jika masih belum dilaksanakan maka akan ada teguran dari Kemenpora," jelas Gatot.

Walian merupakan striker Ajax Amsterdam yang menjanjikan. Ia sudah melakukan debut melawan Myanmar di ujicoba beberapa waktu lalu.

Namun saat itu, skuat asuhan Luis Milla kalah di Stadion Pakansari, Bogor. Walian turun menjadi pemain pengganti.

banner-ads