Sebagai identitas sebuah tim, jersey atau seragam adalah salah satu hal yang pertama kali diingat oleh para pendukung tentang tim tersebut. Sebagian jersey bakal teringat karena polanya yang unik, kayak motif ‘bruised banana’ dari Arsenal 1991/1992 yang banyak disukai para fans hingga kembali digunakan pada musim 2019/2020.

Atau jersey tim nasional Inggris pada tahun 1966 yang mengiringi mereka juara dunia. Jersey merah berlengan panjang tersebut adalah jersey paling terkenal dalam sejarah sepak bola Inggris. Untuk mengetahui kit paling ikonik sepanjang sejarah, BBC bikin sebuah voting untuk menentukan mana yang jadi pemenang kategori tersebut.banner-ads

Hasilnya, muncullah 20 kit paling ikonik sepanjang masa, mulai dari yang keren abis sampai yang unik dan aneh. Berikut ini gue rangkum 5 teratas daftar tersebut.

Nigeria 2018

Mungkin jersey ini terbilang masih sangat baru dan jauh dari kata retro serta klasik. Tapi kehadirannya di Piala Dunia 2018 lalu benar-benar bikin banyak orang kepincut. Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa jersey Nigeria pada Piala Dunia ini adalah yang terbaik pada ajang tertinggi sepak bola dunia edisi tahun tersebut.

Inggris 1966

Seperti yang gue sebutin sebelumnya, jersey tim nasional Inggris tahun 1966 adalah jersey paling terkenal dalam sejarah sepak bola negara tersebut. Lengan panjang, merah polos, lambang The Three Lions jadi identitas yang sangat ikonik dengan pasukan sepak bola Inggris. Selain simple, jersey inilah yang mengiringi Inggris juara pada tahun tersebut.

Jerman 1990

Bukan cuma Inggris yang punya jersey ikonik pemenang Piala Dunia, Jerman sebagai rival abadi mereka di Eropa juga punya hal demikian. Tepatnya jersey mereka pada tahun 1990 lalu, Bro. Warna bendera Jerman yang membentang dari bahu ke bahu juga jadi ciri khas tersendiri jersey ini.

Belanda 1988

Tim nasional Belanda identik dengan warna oranye, setuju? Salah satu jersey oranye paling ikonik dari tim nasional satu ini adalah jersey mereka pada tahun 1988. Jersey ini mengantarkan Belanda menjuarai Euro pada tahun tersebut. Satu hal lagi yang khas dari jersey ini adalah tendangan first time dari Marco Van Basten yang melegenda itu, Bro.

Brasil 1970

Apa yang lebih ikonik daripada jersey tim nasional Brazil pada tahun 1970 lalu? Warna kuning yang berpadu dengan warna biru pada bagian celana dan juga lambang tim emang jadi dua warna yang gak bisa dipisahin sampai kapanpun, terutama dalam dunia sepak bola. Jersey ini juga mengantarkan tim nya juara dunia pada tahun 1970 lalu, dan skuad ini dinilai sebagai salah satu skuad terbaik yang pernah terlibat pada kompetisi Piala Dunia.

Mana yang menurut lo jersey retro paling keren, Bro?