Ngomongin soal bikin gol, biasanya ini adalah tugas seorang striker dan kadang pemain tengah ikut berkontribusi menambah skor. Tapi Bro, gak jarang para pemain belakang juga ikut bikin gol ke gawang lawan bahkan jadi pencetak gol yang subur buat timnya.
Salah satu nama bek yang disorot karena sering bikin gol adalah Sergio Ramos. Dirinya sering bikin gol dari berbagai cara seperti sundulan ketika ada corner kick, lewat tendangan penalti, atau bahkan lewat open play sekalipun. Carlo Ancelotti bahkan pernah bercanda ingin menaruh Ramos di posisi striker karena kemampuannya mencetak gol.

banner-ads

Tapi sayangnya, kalau ngomongin 5 bek paling subur di dunia, Ramos gak masuk jadi salah satunya.

 

Graham Alexander - 130 Gol

Bek kanan asal Skotlandia ini udah malang melintang di berbagai level kompetisi Liga Inggris. Dirinya sering banget bikin gol buat setiap tim yang dibelanya dan Graham Alexander terkenal mematikan dalam urusan eksekusi tendangan penalti.

 

Laurent Blanc - 153 Gol

Bek tengah yang pernah bermain untuk Manchester United dan sekarang punya karir sebagai pelatih ini punya rekor yang mencengangkan. Sebagai bek tengah, dirinya berhasil jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa buat klub asal Prancis, Montpellier.

 

Fernando Hierro - 163 Gol

Bukan cuma tangguh menjaga pertahanan tim nasional dan klub yang dibelanya, Hierro juga terkenal jago menjebol gawang lawan. Siapa sangka seorang bek tengah bisa bikin 26 gol dalam satu musim seperti Hierro?

 

Daniel Passarella - 175 Gol

Jika Messi dan Maradona gak pernah ada, mungkin Passarella bakal jadi pemain terbaik Argentina sepanjang masa. Selain ikut bikin Argentina juara dunia, dirinya hampir aja bikin 200 gol meskipun punya posisi sebagai pemain belakang.

 

Ronald Koeman - 253 Gol

Siapa yang bisa menandingi catatan 26 gol dalam semusim milik Fernando Hierro? Jawabannya adalah Ronald Koeman, dirinya juga pernah melakukan itu dalam satu musim. Salah satu pemain ikonik berkebangsaan Belanda ini emang terkenal jago mencetak gol terutama lewat tendangan bebas.

Dalam dunia sepak bola, tugas bikin gol emang bukan cuma punya seorang striker. Seorang pemain belakang pun harus mencetak gol kalau mereka emang punya kesempatan itu di depan gawang. Siapa nih bek favorit lo yang jago juga dalam urusan bikin gol?