Sebagai olahraga yang membuat para pemainnya melakukan kontak fisik, pelanggaran demi pelanggaran keras wajar terjadi dalam sepak bola walaupun gak seharusnya dilakukan. Wasit yang berada di atas lapangan pun harus tegas dalam menegakkan aturan yang ada. Hukuman paling berat buat seorang pemain di atas lapangan adalah mendapatkan kartu merah.

banner-ads

Salah satu pemain dengan catatan kartu merah yang terbilang unik adalah David Luiz. Bek tengah yang kini bermain di Arsenal itu udah punya 2 kartu merah sepanjang karir Premier League-nya. Uniknya, satu kartu merah dia dapatkan saat masih berseragam Chelsea dan ketika melawan Arsenal, dan satunya lagi didapatkan saat berseragam Arsenal ketika melawan Chelsea. 

Tapi, catatan tersebut masih kalah aneh dengan 4 alasan kartu merah yang didapatkan para pemain ini, Bro!

Neymar (Santos vs Colo-Colo, 2011)

Neymar udah jadi sensasi di dunia sepak bola dari sebelum dirinya menginjak tanah Eropa. Namanya besar bersama klub asal Brasil, Santos FC. Kebiasaannya melakukan pelanggaran juga ternyata udah tumbuh sejak masih berseragam putih hitam pada tahun 2011 lalu. Salah satu alasan terkonyol dirinya mendapat kartu merah adalah saat pertandingan melawan Colo-Colo, Neymar mencetak gol yang indah. Dirinya pun melakukan selebrasi dengan menggunakan topeng wajahnya sendiri namun dalam posisi terbalik. Entah kenapa wasit melihatnya sebagai pelanggaran dan Neymar dapat kartu kuning. Apes buat Neymar, itu adalah kartu kuning keduanya dalam pertandingan yang artinya Neymar dapat kartu merah setelah itu.

Eden Hazard (Swansea vs Chelsea, 2013)

Buat lo yang ngikutin Premier League pasti tau bahwa Eden Hazard bukan pemain sembarangan di atas lapangan. Termasuk dalam menerima kartu merah, Hazard juga punya alasan yang gak biasa. Saat bertandang ke rumah Swansea pada tahun 2013 lalu, bola yang dikejar Hazard bergulir keluar lapangan. Dirinya yang ingin permainan cepat dilanjutkan menghampiri langsung ballboy yang ada di pinggir lapangan. Sayangnya saking buru-burunya Hazard kakinya menendang sang ballboy dan Hazard pun mendapatkan kartu merah langsung.

Edin Dzeko (Yunani vs Bosnia, 2018)

Nah, kalau yang satu ini adalah murni pelanggaran yang berhubungan dengan kontak fisik di antara dua pemain. Saat itu, Edin Dzeko sedang membela Bosnia melawan Yunani untuk kualifikasi Piala Dunia 2018. Edin Dzeko yang dihadang oleh bek Yunani, Sokratis Papadopoulos melakukan sesuatu yang aneh. Dzeko membalas duel yang dilakukan di atas lapangan dengan menarik celana dari Sokratis, ini tentu aja dianggap pelanggaran oleh wasit dan Dzeko pun langsung dapat kartu merah di pertandingan itu.

Kieran Gibbs (Chelsea vs Arsenal, 2014)

Mungkin Kieran Gibbs adalah penerima kartu merah dengan alasan paling aneh sekaligus jadi pemain paling apes pada musim itu. Soalnya full back Arsenal itu menerima kartu merah tanpa melakukan pelanggaran apapun. Pelanggaran justru dilakukan oleh Alex Oxlade Chamberlain yang dengan sengaja menghadang bola menggunakan tangan di kotak penalti. Sayangnya, wasit malah menunjuk Kieran Gibbs untuk mendapatkan kartu merah karena saat itu kedua pemain tersebut punya potongan rambut yang sama persis!

Ada-ada aja ya Bro? Permainan bola yang dinamis di atas lapangan ternyata sering membuatkan drama yang gak biasa juga buat para pemainnya.