Membeli sepeda baru adalah idaman setiap orang. Lo bisa langsung memakainya dengan sempurna serta ada perlindungan garansi.banner-ads

Tapi semua kemewahan itu tentu saja membutuhkan biaya yang lumayan. Jika merasa sepeda baru mahal, lo juga bisa membeli sepeda bekas.

Bukan berarti beli sepeda bekas juga tidak mendapatkan kualitas bagus. Meski lo harus sering-sering mencari di marketplace berbagai sosial media.

Baca Juga: Pilihan Pedal Cleat Buat Sepeda Gravel



Tapi tentunya ada risiko saat membeli sepeda bekas. Terkadang sepeda bekas itu terasa berat, atau mungkin bekas jatuh. Risiko kerusakan frame juga sangat besar.



Kendati begitu, kalian jangan takut. Hanya butuh ketelitian saat membeli, ditambah keterampilan mekanik untuk memanfaatkan sepeda bekas terasa baru kembali.

Di Facebook adalah salah satu 'gudang' sepeda bekas. Intinya, buat kalian pemula, wajib melihat langsung kondisi sepeda yang mau dibeli. Paling tidak mendapatkan foto atau video detail dari sepeda tersebut.

Setelah selesai dengan detail, kalian bakal dihadapkan dengan ukuran. Ini juga wajib karena ukuran sepeda menentukan kenyamanan dan juga menghindari cedera fisik.

Tapi produsen sepeda Giant, misalnya, punya ukuran sepeda yang lebih sulit. Sebab, mereka menilai ukuran dari tiga tipe: Small, Medium, dan Large. Berbeda dengan Specialized yang menggunakan pendekatan yang lebih umum untuk mengukur frame dalam satuan sentimeter.

Satu lagi yang harus dilakukan adalah, nomor seri di frame sepeda. Ini merupakan cara nomor satu untuk mengetahui apakah sepeda itu asli atau palsu.